Bisa Untuk Sajian Tahun Baru, Ini 7 Rekomendasi Ikan Yang Cocok Dan Nikmat Untuk Dibakar
pexels.com/Bronze Digitals
Kuliner

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki banyak pilihan ikan untuk dimasak menjadi makanan lezat. Namun tak semua ikan cocok dimasak dengan cara dibakar loh.

WowKeren - Tahun baru 2021 hanya tinggal menunggu beberapa hari lagi. Momen ini biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga sambil menyantap hidangan istimewa. Salah satu kuliner khas tahun baru adalah ikan bakar yang di masak bersama-sama.

Ikan bakar biasanya dibumbui dengan campuran kecap manis dan minyak kelapa atau margarin, dioleskan ke atas ikan dengan menggunakan kuas ketika pemanggangan. Campuran bumbu dapat berbeda-beda di setiap daerah. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki banyak pilihan ikan untuk dimasak.

Namun tak semua ikan cocok dimasak dengan cara dibakar loh. Beberapa jenis ikan tak cukup punya daging untuk dimasak dan beberapa memiliki aroma tak sedap jika bercampur dengan asap bara api. Apa saja jenis ikan yang cocok dibakar? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis ikan yang bisa kalian pilih saat acara bakar-bakar tahun baru nanti. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Ikan Gurame


Ikan Gurame
wikimedia.org

Saat datang ke restoran ikan bakar, ikan gurame tentu menjadi salah satu menu yang direkomendasikan. Ikan gurame menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk disantap dengan dibakar. Ikan air tawar ini biasa dibakar dan dipadukan dengan bumbu pedas manis.

Tekstur daging yang padat dan lembut menjadi alasan gurame bakar menjadi primadona. Dengan cara masak yang tepat, bumbu gurame bakar bisa meresap ke dalam daging dan menambah citarasa. Ikan gurame bakar manis sangat tepat disantap saat siang atau malam hari. Untuk menambah rasa, gurame bakar biasa disajikan bersama sambal pedas yang ditaburi perasa jeruk nipis.

2. Ikan Kembung


Ikan Kembung
pexels.com/Eva Elijas

Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan air laut yang populer disantap orang Indonesia. Ikan ini biasanya dihidangkan dengan cara digoreng dan gulai. Namun, ikan kembung juga cocok disantap dengan cara dibakar loh.

Kembung bakar biasanya dipadukan dengan bumbu padang yang kaya rempah seperti kunyit dan asam kandis. Jangan lupa tambahkan sambal pedas manis untuk menambah cita rasa kembung bakar. Sajian satu ini akan sangat nikmat jika disantap bersama nasi hangat.

3. Ikan Patin


Ikan Patin
bppisukamandi.kkp.go.id

Ikan patin merupakan ikan berdaging lembut dan cenderung berlemak banyak. Oleh karena itu, ikan satu ini kurang cocok jika digoreng karena akan mudah hancur. Sebagai gantinya, ikan patin sangat nikmat dimasak dengan cara dibakar.

Selain rasa daging ikan yang lembut, ikan patin bakar ini memberikan sensasi rasa gurih bumbu dan manis yang khas. Akan semakin lengkap bila disantap bersama sambal yang memberikan rasa pedas dengan nuansa rasa manis dan asam, menambah kekayaan rasa dari ikan patin tersebut.

4. Ikan Bandeng


Ikan Bandeng
medium.com

Bandeng merupakan ikan yang biasa menjadi oleh-oleh Semarang, Jawa Tengah. Bandeng lebih dikenal dengan olahan presto karena memiliki banyak duri halus. Namun, cita rasa bandeng yang lembut dan gurih juga cocok disantap dengan cara dibakar.

Jika hendak menyantap bandeng bakar, perhatikan duri bandeng yang cukup banyak di lapisan dagingnya. Untuk mengatasinya, kalian bisa membeli bandeng yang tulangnya sudah dicabut di beberapa toko swalayan. Dengan begitu, kalian bisa bebas menikmati ikan bandeng bakar tersebut.

5. Ikan Nila


Ikan Nila
news.kkp.go.id

Ikan nila merupakan ikan yang sering sekali ditemui di pasaran. Ikan ini biasanya diolah dengan cara digoreng maupun di buat sup. Namun ikan nila juga sangat cocok diolah dengan cara dibakar. Memiliki daging yang gurih dan lembut membuat jenis ikan ini cocok untuk dibakar.

Tips membuat ikan nila bakar adalah buat dua hingga tiga sayatan pada sisi ikan nila. Kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama lima menit sebelum dibakar. Atau kalian juga bisa membelah ikan nila menjadi dua dan dilebarkan. Dengan begitu, bumbu akan merata dan menyebar ke seluruh daging ikan.

6. Ikan Kakap


Ikan Kakap
wikimedia.org

Ikan kakap sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer dan sering dijumpai dalam berbagai olahan Nusantara salah satunya ikan bakar. Jenis ikan ini banyak digemari karena memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih. Ikan kakap memiliki ciri fisik tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung.

Di Indonesia, kita lebih banyak menemui jenis ikan kakap merah. Sedangkan beberapa jenis lain dari ikan ini adalah kakap kuning, kakap hitam dan lainnya. Ikan kakap yang paling nikmat dibakar adalah kakap merah dan kakap putih. Selain rasanya yang enak, ikan kakap juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein dan omega 3.

7. Ikan Kerapu


Ikan Kerapu
wikimedia.org

Ikan merupakan makanan yang cukup banyak digemari orang dan sering dijumpai di beberapa restoran. Berbagai olahan pun mereka buat dan alhasil menjadi sajian yang cukup mengunggah selera. Salah satu cara mengolah kerapu yang nikmat adalah dengan dibakar.

Ada beragam jenis ikan kerapu, mulai lumpur, batik, mura, macan dan tikus. Ikan ini enak dimasak dengan cara dibakar karena dagingnya yang tebal dan punya rasa yang manis. Ikan kerapu termasuk jenis ikan yang memiliki daging kenyal dan gurih. Jika diolah dengan tepat maka siapapun akan selera dan ingin menyantapnya.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa alternatif liburan akhir tahun yang minim kontak dan patut dicoba. Kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips liburan aman dan menyenangkan di tengah pandemi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel