Corona 'Mengganas', Peringatan! Ruang ICU Terisi 100 Persen Di RS Jabodetabek
Nasional

Relawan Lapor Covid-19 melaporkan situasi penyebaran virus corona yang semakin meluas. Sebabkan ruang ICU di rumah Jabodetabek terisi penuh 100 persen. Lantas bagaimana?

WowKeren - Penyebaran virus corona di Indonesia semakin tak terkendali. Hal ini dibuktikan dari laporan relawan Lapor Covid-19 yang memperingatkan situasi gawat di rumah sakit Jabodetabek.

Dokter emergency sekaligus relawan Lapor Covid-19, Tri Maharani melaporkan data kondisi penuhnya tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) ruang Intensive Care Unit (ICU). Ia menjelaskan ruang ICU di Rumah Sakit rujukan pasien COVID-19 Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) telah terisi 100 persen.

Penuhnya ruang ICU disebabkan karena melonjaknya pasien virus corona dengan gejala berat. Akibatnya, mereka membutuhkan perawatan khusus serta membutuhkan peralatan medis cukup seperti ventilator.

"Ada 100 persen ICU di RS seluruh Jabodetabek sudah penuh, sudah 100 persen," kata Tri seperti dilansir dari CNNIndonesia, Rabu (6/1). "Kalau Unit Gawat Daruratnya ada 80 persen sudah terisi."


Situasi ini telah terjadi sejak Desember hingga Selasa (5/1) kemarin. Tri mendapatkan laporan itu dari masyarakat dan hasil pihaknya terjun ke lapangan untuk mencari ruang ICU bagi pasien COVID-19 yang melapor padanya. Dampak situasi ini, banyak pasien yang tidak tertolong nyawanya.

"Kan ada 69 nomor RS rujukan covid di Jakarta, tapi nomornya hanya bisa 42 saja," jelas Tri. "Itu saya hubungi terus dan selalu tidak ada ICU yang masih kosong untuk dirujuk. Sama, Jabodetabek juga begitu."

"Ada yang meninggal di ambulans juga laporannya. Ini yang lapor ke kami ada 10-lah ya di Pulau Jawa yang kondisi parah dan meninggal," sambungnya. "Nah yang lain pasti ada namun belum terlaporkan."

Penambahan kasus virus corona di Indonesia sendiri masih melonjak tajam. Berdasarkan data covid19.go.id, Indonesia telah mencatat tambahan 7.445 kasus COVID-19 hanya dalam sehari pada Selasa (5/1) kemarin. Saat ini, kasus virus corona telah menembus 779.548 kasus, dimana 645,746 diantaranya telah sembuh dan 23.109 lainnya meninggal dunia.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait