Birtday Spotlight: Happy JB Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu GOT7, JB yang berulang tahun pada 6 Januari lalu. Member sekaligus leader grup itu berusia 27 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari GOT7, JB yang berulang tahun pada 6 Januari lalu. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi sekaligus produser ini.

Lim Jae Beom atau yang mumnya dikenal dengan nama panggung JB adalah penyanyi Korea Selatan, produser rekaman, penulis lagu , penari dan aktor. Dia adalah leader dari boy band Korea Selatan GOT7 dan bagian dari sub-unit Jus2 dan JJ Project, serta bagian dari R&B soul crew Offshore.

JB diketahui memiliki posisi di grup sebagai vocal. Tak hanya itu, ia juga sempat tampil di beberapa layar kaca untuk berakting. Ia membuat debut layar kecilnya melalui serial drama “Dream High 2” pada tahun 2012. Dia juga membintangi MBC “When a Man Falls in Love” sebagai Seo Mi Joon. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

JB lahir di Siheung, Provinsi Gyeonggi, dan dibesarkan di Goyang. Dia adalah mantan b-boy dan awalnya ingin menjadi penari. Pada tahun 2009 dia dibina oleh JYP Entertainment. Awalnya dia tidak tertarik untuk menghadiri audisi, tetapi ayahnya mendorongnya untuk melakukannya.

Dia kemudian lulus audisi terbuka, memenangkan tempat pertama dengan Jinyoung. Pada awal pelatihannya, dia berpikir bahwa belajar menyanyi tidak ada artinya, dan malah berkonsentrasi pada menari. Namun, seiring berjalannya waktu, dia mengembangkan keinginan untuk menjadi seorang penyanyi.

Pada Mei 2012, JB dan sesama trainee Jinyoung memulai debutnya sebagai duo JJ Project dengan album tunggal Bounce. Video musik resmi mereka untuk lagu utama "Bounce" dirilis pada 19 Mei. Lalu pada 16 Januari 2014, kedua anggota JJ Project memulai debutnya sebagai bagian dari boy band beranggotakan tujuh orang bernama GOT7.

2. Debut


Debut

Seperti yang disebutkan sebelumnya, JB memulai debutnya di dunia tarik suara pada Mei 2012 saat ia dan Jinyoung tergabung sebagai duo JJ Project dengan album tunggal “Bounce”. Video musik resmi mereka untuk lagu utama "Bounce" yang dirilis pada 19 Mei. Lalu pada 16 Januari 2014, kedua anggota JJ Project memulai debutnya sebagai bagian dari boy band beranggotakan tujuh orang bernama GOT7.

Menurut Park Jin Young, "GOT7" berasal dari grup dewa generasi pertama terlaris, karena Park seharusnya debut dengan mereka sebagai grup campuran gender beranggotakan enam orang dan menggunakan nama kerja "Got6". Nama terakhir termasuk angka keberuntungan tujuh, yang berarti "tujuh orang beruntung berkumpul bersama".

GOT7 digambarkan sebagai grup hip-hop yang menggabungkan gaya seni bela diri dan gaya b-boying dalam penampilan mereka. Gaya ini dibandingkan dengan grup senior mereka, 2PM, yang terkenal dengan gaya tarian akrobatik mereka. Dengan demikian, grup tersebut menarik perhatian bahkan sebelum debut resmi dan menerima julukan "pos 2PM".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Sepanjang karirnya, GOT7 sukses membawa pulang banyak piala penghargaan. Grup ini membawa pulang piala “Artist of the Year” dan “Best Popular Award” dalam Asia Artist Awards 2018. Tak hanya itu dalam Asia Artist Awards 2020 mereka juga membawa pulang penghargaan “Performance of the Year”.

Dalam Mnet Asian Music Awards 2017, GOT7 sukses membawa pulang piala “Best Male Group”. Sementara dalam Mnet Asian Music Awards 2019, mereka membawa pulang piala “Favorite Dance Performance”.

Pada 20 April, GOT7 merilis album kesebelas mereka, “DYE”, bersama dengan singel utamanya, "Not By the Moon". Mereka menjual 159.098 eksemplar album pada hari pertama dan 281.791 eksemplar di minggu pertama. Hal ini memecahkan rekor pribadi mereka untuk penjualan hari pertama dan minggu pertama.

4. Aktifitas Solo


Aktifitas Solo

Selain menjadi member GOT7, JB diketahui juga merupakan member dari sub unit JJ Project dan JUST2. Selain itu, JB juga diketahui sering muncul di beberapa drama untuk berakting. JB membuat debut layar kecilnya melalui serial drama “Dream High 2” pada tahun 2012. Dia juga membintangi MBC “When a Man Falls in Love” sebagai Seo Mi Joon.

Pada 2015, JB memainkan peran utama dalam “Dream Knight”, sebuah drama televisi musikal virtual, sebagai versi superhero dirinya, bersama dengan sesama anggota GOT7. Drama itu menampilkan aktris Song Ha Yoon sebagai peran utama wanita. Pada tahun 2018, bersama rekan satu grupnya Yugyeom, ia berpartisipasi dalam proyek kolaborasi seni "Collaboran" untuk merek air mineral berkarbonasi Perrier dengan seniman multimedia Amerika, Ben Jones.

JB juga menulis lagu sebagai Defsoul atau Def, untuk kru Got7 dan Offshore. Ia terakhir kali merilis dua drama kompilasi yang diperpanjang, Scene # 1 pada 24 Juni 2019 dan Scene # 2 pada 26 Maret 2020. Sebagai Def, ia mengadakan pameran foto pertamanya, "Alone", dari 6 Oktober hingga 12 Oktober di Seoul.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sepanjang debut, JB diketahui tak pernah terlibat dengan kontroversi. Namun pada 2014 lalu, JB, dikabarkan mengalami insiden kecelakaan mobil. Kecelakaan mobil itu terjadi Jumat, 12 September pukul 11.00 malam waktu setempat. Saat kecelakaan terjadi, JB berada dalam satu mobil dengan stylist dan manajernya. Mobil yang mereka tumpangi menuju G Tower mengalami tabrakan dengan sebuah bus di dekat kawasan distrik bisnis Songdo International, Tribowl di Yeonsugu, Incheon .

“JB mengalami tabrakan kecil pada tanggal 12 September pukul 11.00 KST. Saat mobil yang terparkir akan berganti jalur, tiba-tiba ada sebuah bus di belakang mereka. Mereka sempat memberi tanda peringatan, tapi bus terlanjur menabrak mobil," jelas agensi JYP Entertainment.

Untungnya, tidak ada yang mengalami cedera berat dan semua selamat. "Setelah insiden itu, JB dilarikan ke rumah sakit dan menerima pemeriksaaan X-ray. Tidak ada cedera, dia hanya shock dan saat ini sudah kembali ke asrama," pungkas perwakilan agensi.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Pada 20 April, GOT7 merilis album kesebelas mereka, “DYE”, bersama dengan singel utamanya, "Not By the Moon". Mereka menjual 159.098 eksemplar album pada hari pertama dan 281.791 eksemplar di minggu pertama. Hal ini memecahkan rekor pribadi mereka untuk penjualan hari pertama dan minggu pertama.

Album itu juga memulai debutnya di chart Album Dunia Billboard di No. 4. Album ini telah terjual lebih dari 450.000 eksemplar, menjadi album terlaris mereka hingga saat ini. Pada 30 November, GOT7 merilis album studio keempat mereka, Breath of Love: Last Piece, bersama dengan single utamanya, "Last Piece". Sebuah single pra-rilis, "Breath", dirilis pada 23 November.

Kontrak GOT7 dengan JYP Entertainment sendiri akan berakhir bulan ini. JYP Entertainment menyampaikan bahwa mereka telah mengadakan pertemuan dengan ketujuh member GOT7 dan saat ini masih mendiskusikan berbagai opsi dengan mereka terkait kemungkinan pembaruan kontrak. Mereka juga dilaporkan mempertimbangkan gagasan bahwa meskipun beberapa dari mereka berada di agensi yang berbeda, mereka dapat terus bekerja sama sebagai GOT7.

You can share this post!

Related Posts