Kemenkumham Didatangi 2 Kubu Demokrat, Ratusan Polisi Diterjunkan
Instagram/pdemokrat
Nasional
Isu Kudeta Partai Demokrat

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah lantas meminta agar seluruh pihak yang datang ke Kemenkumham tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi virus corona (COVID-19).

WowKeren - Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) diamankan oleh ratusan personel kepolisian pada Senin (8/3) hari ini. Pengamanan ini diterjunkan imbas kedatangan dua kubu Partai Demokrat ke Kemenkumham, yakni pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan kubu Kongres Luar Biasa (KLB) yang menunjuk Moeldoko sebagai Ketua Umum.

"Sebanyak 3 kompi kita turunkan," ungkap Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah, Senin. "Ini supaya sebenarnya jaga kamtibmas menjaga supaya tidak ada bentrok antar kubu intinya ke arah sana."

Lebih lanjut, Azis meminta agar seluruh pihak yang datang ke Kemenkumham tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi virus corona (COVID-19). Azis juga menyebutkan bahwa tidak semua orang diizinkan masuk ke dalam gedung Kemenkumham, melainkan hanya perwakilan saja.

"Sudah komunikasi dengan pihak Kumham sini, jadi yang boleh masuk hanya beberapa orang yang sudah dipilih mewakili suara saja," jelas Azis. "Yang lain di luar saja supaya tidak ramai."


Sebagai informasi, AHY telah tiba di Kemenkumham terlebih dahulu. Ia didampingi oleh Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dan mengaku datang ke Kemenkumham bersama 34 Ketua DPD Demokrat.

Tak main-main, dalam upayanya membuktikan bahwa KLB yang di Deli Serdang, Sumatera Utara, bersifat ilegal, AHY sampai menyerahkan lima kontainer berisi dokumen dan berkas. Berkas-berkas itu kemudian diserahkan kepada Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar.

Laporan soal KLB ilegal itu pun disampaikan kubu AHY secara verbal kepada Kemenkumham. Berkas-berkas ini pun sudah diterima oleh Cahyo dan disebutkan akan dikaji terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Di sisi lain, Demokrat kubu Moeldoko berencana mendaftarkan jajaran kepengurusan inti Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat hasil KLB ke Kemenkumham hari ini. Ya rencananya hari ini, sudah sejak kami berangkat kemarin memang rencananya hari ini," terang Max Sopacua kepada CNN Indonesia.

Menurut Max, pihaknya tengah mempersiapkan dan melengkapi beberapa berkas untuk diserahkan ke Kemenkumham. Namun Max mengaku tak semua jajaran inti seperti Moeldoko atau Ketua Dewan Pembina versi KLB Marzuki Alie akan hadir, namun hanya beberapa pengurus yang akan menyerahkan berkas tersebut.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts