Gubernur Ganjar Pranowo Tegur Guru Saat Sidak Uji Coba Sekolah Tatap Muka Di Jawa Tengah, Kenapa?
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional
Sekolah di Tengah Corona

Pemerintah akan segera menggelar sekolah tatap muka. Maka dari itu, sejumlah sekolah di zona hijau telah melangsungkan uji coba sekolah tatap muka, salah satunya di Jawa Tengah.

WowKeren - Pada Senin (5/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak ke sekolah yang sedang melaksanakan uji coba pembelajaran/sekolah tatap muka. Sekolah yang disidak oleh Ganjar Pranowo adalah SMAN 4 Kota Semarang dan SMAN 1 Ungaran.

Ganjar melakukan sidak di dua sekolah tersebut ingin memantau secara detil pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka. Hal yang diperhatikan adalah sarana prasarana, penerapan SOP hingga bercengkerama dengan siswa untuk memastikan semua berjalan dengan baik.

Tidak hanya memperhatikan terkait dengan sarana dan prasarana, Ganjar juga memantau guru-guru serta tenaga pendidik dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti yang terjadi di SMAN 1 Ungaran, saat akan memasuki ruang belajar, Ganjar mendapati guru yang memberikan HP-nya kepada murid dan minta untuk difotokan.

Melihat hal tersebut, Ganjar sontak menegur sang guru. Tidak hanya menegur, Ganjar juga meminta sang guru dan muridnya untuk cuci tangan.


"Ini ada salah satu contoh, gak boleh motretin, karena apa? Handphone yang habis dipegang Bu guru, maka ini terjadi perpindahan (kontak fisik), sekali lagi ya Bu ya," tegur Ganjar dalam video yang diunggah di Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, Senin (5/4). "Kamu sekarang cuci tangan, ayo Ibu guru juga, jangan sharing lagi ya Bu ya."

Lebih lanjut, Ganjar menerangkan bahwa ketidakdisiplinan justru datang dari para guru/tenaga pendidik. Banyak guru yang masih abai dan tidak peduli dengan penerapan protokol kesehatan.

"Ketidakdisiplinan yang paling kelihatan adalah biasanya justru dari guru-gurunya," ungkap Ganjar. "Contoh yang paling konkret, lihatlah ini nggak ada yang berjarak satu meter, ini bagian dari ketidakdisiplinan, ini simpel ya, tapi ini serius."

Karena masih banyak guru/tenaga pendidik yang masih abai dan tidak peduli dengan protokol kesehatan, Ganjar meminta pihak sekolah untuk memberikan laporan harian terkait penerapannya dalam melaksanakan sekolah tatap muka.

"Temen-temen gak ada yang aware, nggak ada yang peduli, konsep, ngomong itu semuanya gampang," tutup Ganjar. "Maka mulai hari ini, saya minta, laporannya nanti harian."

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts