Bahas Dosa Riba, Arie Untung Disentil Ulama NU Soal Alasan Raja Salman Bawa Tangga dari Arab
Instagram/ariekuntung
Selebriti

Ulama NU Nadirsyah Hosen buka suara terkait pendapat Arie Untung yang mengungkap soal cara Raja Salman menghindari dosa riba dengan membawa tangga atau mobil sendiri dari Arab.

WowKeren - Arie Untung kembali jadi sorotan publik usai muncul di podcast Daniel Mananta. Awalnya, Arie mengungkap kekaguman pada Raja Salman yang dinilainya menghindari dosa riba saat kunjungan ke Indonesia.

Menurut Arie, Raja Salman tak ingin memberatkan pihak Indonesia saat datang berkunjung. Karena itu, Raja Salman menyiapkan fasilitasnya sendiri termasuk soal tangga untuk turun dari pesawat.

"Waktu Raja Salman ke Indonesia pakai pesawat pribadi, sampai untuk tangga turunnya dibawa dari Arab. Karena takut dia pinjamin uang ke Indonesia kemudian dia dapat dosa karena pakai tangganya," kata Arie pada podcast "Daniel Tetangga Kamu" 4 April lalu. "Mobilnya dia bawa sendiri, karena dia nggak mau sepeserpun memberatkan yang dipinjemin. Itu akan jadi dosa riba. Sampai sesimpel itu."

Namun lebih dari sepekan video itu beredar, salah satu ulama Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Hosen, mengomentari video tersebut. Dalam kicauannya di Twitter, Nadirsyah menganggap pendapat Arie itu keliru. Menurut Nadirsyah, alasan utama Raja Salman membawa tangga dari Arab bukanlah demi menghindari dosa riba melainkan bagian dari protokol kerajaan.


Twitter

Reaksi Ulama NU Nadirsyah Hosen Atas Perkataan Arie Untung

"Penjelasan @ArieKuntung soal Raja Salman bawa tangga pesawat karena gak mau riba itu keliru. Raja sudah sepuh, jadi kemana mana kunjungan luar negeri pasti bawa sendiri tangga pesawat yang kayak eskalator. Bukan hanya saat ke Indonesia atau ngutangin duit. Itu protokol tetap (protap) Raja," kata Nadirsyah.

Kicauan Nadirsyah ini menuai banyak komentar dari netizen. Tak sedikit yang menganggap Arie terlalu gegabah dalam memberi penjelasan.

Twitter

Arie Untung Tuai Kritik dari Netter

"Kenapa ya artis2 yang (sok2an) hijrah berlagak udah jadi ustad paling tau segalanya. bukannya belajar ke pesantren atau ke kyai tapi malah gini. sangat disayangkan," ujar netter. "Mungkin informasi yg diperoleh Ari Untung dari "ustad-nya" ttg raja Salman bawa tangga sendiri ya seperti yg dia jelaskan ke Daniel Mananta," kata netter. "Gurunya siapa iniiii gus. Jgn bilang dari media atau baca buku sendiri. Loudly crying face Dia harus punya guru yg jelas biar kalo ngomong ga bergeser itu apa yg diomongin... Haduuhhh," tutur netter.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts