WNI Di Luar Negeri Diizinkan Mudik Saat Pandemi COVID-19, Ini Alasannya
commons.wikimedia.org/Chad Davis
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak pulang ke Indonesia pada saat lebaran, diizinkan dengan ketentuan dari pemerintah. Hal ini dikarenakan mereka yang memiliki izin tinggal terbatas di negara asing.

WowKeren - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momentum berkumpulnya seluruh keluarga. Hal itu tentunya ingin juga dilakukan oleh para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Menjelang lebaran, banyak WNI yang ingin kembali pulang ke Indonesia untuk merayakannya bersama keluarga. Namun adanya larangan mudik tentunya menjadi rintangan tersendiri.

Muhammad Saleh Mustafa selaku Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) mengatakan bahwa WNI yang ingin mudik atau pulang ke Indonesia diizinkan, tetapi wajib melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara. Hal itu dikarenakan ada WNI yang memiliki batas kontrak di negara tempat bekerja masing-masing, sehingga tidak mungkin mereka menetap dalam waktu lama.

Saleh mengatakan bahwa WNI itu bukan mudik, melainkan pulang kampung. "Ya, mau tidak mau mereka harus, mungkin bahasanya tidak mudik ya, sebab mereka harus kembali ke kampung halamannya," ujar Saleh saat jumpa pers di Wisma Atlet pada Rabu (14/4).


Saleh menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Udara saat kedatangan WNI, selanjutnya Satgas Penanganan saat di Wisma Atlet, lalu terakhir Satgas Pemulangan.

Saleh menambahkan Satgas Pemulangan menjadi hal paling penting dikarenakan adanya larangan mudik 2021. "Nanti khusus yang menggunakan surat clearence dari repatriasi Pademangan ini kami harap diberikan kelonggaran," terangnya.

Saleh mengungkapkan bahwa data dari hasil evaluasi tahun 2020, ada sekitar 5 hingga 6 ribu WNI yang pulang ke Indonesia. Maka dari itu, ia memprediksi hal tersebut bakal kembali terjadi di tahun 2021.

Menurut Saleh perlu adanya antisipasi untuk tempat isolasi para WNI yang datang dari negara luar. Selain Wisma Atlet Pademangan, pihaknya juga akan menyediakan lokasi lain yakni hotel dan Wisma Kemayoran. "Kami menyiapkan Wisma Pademangan, hotel dan juga Wisma Kemayoran apabila kondisi kedatangan semakin melonjak," tutup Saleh.

Sebelumnya, Saleh telah mengecek persiapan Wisma Atlet Pademangan sebagai tempat isolasi WNI nanti. Saleh saat ini memfokuskan dari segi fasilitas, baik itu lift maupun internet. Selain itu, ia mengklaim sistem dari tim kesehatan sudah bagus dan siap.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts