Polisi Siagakan Ribuan Personel Untuk Amankan KTT ASEAN Di Jakarta
pixabay.com/Ilustrasi
Nasional

KTT ASEAN akan kembali digelar di Indonesia, tepatnya Jakarta Selatan pada Sabtu (24/4). Ribuan personel polisi telah dipersiapkan untuk mengamankan jalannya acara tersebut.

WowKeren - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN akan digelar pada Sabtu (24/4) hari ini, di Jakarta. Sejumlah lembaga yang terlibat dalam KTT ASEAN tengah disibukkan mempersiapkan segala hal yang akan dibutuhkan saat acara berlangsung, salah satunya aparat keamanan. Pihak kepolisian diketahui akan mempersiapkan ribuan personel untuk mengamankan jalannya KTT ASEAN.

Irjen Pol Fadil Imran selaku Kapolda Metro Jaya telah melakukan peninjauan terhadap dua pos pengamanan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan. Fadil bersama dengan jajarannya turut mengunjungi pos pengamanan VVIP Terminal 3 Bandara Soetta, Banten. Hal itu dilakukan untuk memastikan kembali terkait dengan pengamanan untuk menyambut para tamu dari perwakilan negara-negara ASEAN yang akan datang.

Fadil mengatakan sekitar empat ribuan personel polisi akan disiagakan untuk mengamankan KTT ASEAN yang digelar pada Sabtu (24/4) hari ini. Ribuan personel tersebut akan disebar di 51 titik pengamanan.


"Melihat persiapan pengamanan gedung pertemuan tingkat pimpinan ASEAN yang akan dilaksanakan besok (Sabtu)," ujar Fadil di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (23/4). "51 titik (pengamanan) termasuk di dalamnya pengamanan rute, pengamanan akomodasi, hotel dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan."

Lebih lanjut, pola pengamanan yang akan dilakukan oleh tim jajaran Polda Metro Jaya adalah ditempatkan pada ring tiga, karena ring satu dan dua telah diamankan oleh pihak Paspampres. Pangdam Jaya akan bertugas sebagai penanggung jawab atas keamanan kepala negara yang menghadiri KTT ASEAN di Jakarta.

"Polda Metro Jaya di ring tiga, karena ring satu dan dua oleh Ops Pengamanan Presiden," tutup Fadil. "Karena yang hadir adalah kepala negara, dimana penanggungjawabnya adalah Pangdam Jaya."

Sebagai informasi, pada KTT ASEAN yang akan digelar di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Sabtu (24/4) hari ini, bakal dihadiri oleh sejumlah kepala negara. Adapun sepuluh negara yang tergabung dalam ASEAN yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait