Survei SMRC: Pemilih yang Puas Kinerja Jokowi Disebut Cenderung Dukung Ganjar Pranowo
Humas Jateng/Vivi
Nasional

Manajer Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad memprediksi Ganjar tetap berpeluang menang di Pilpres 2024 meski seandainya ia tidak dicalonkan oleh PDIP.

WowKeren - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tinggi dalam survei disebut disebabkan oleh kepuasan responden atas kinerja pemerintah Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan oleh Manajer Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad.

"Mengapa Ganjar masih unggul meski lebih berat tanpa pemilih PDIP? Jawabannya kemungkinannya karena ada efek partai lain dan efek Jokowi," tutur Saidiman dalam rilisnya, Minggu (13/6).

Oleh sebab itu, Saidiman pun memprediksi Ganjar tetap berpeluang menang di Pilpres 2024 meski seandainya ia tidak dicalonkan oleh PDIP. Adapun pihak SMRC mulanya melakukan simulasi elektabilitas terhadap 569 dari 1.072 responden yang mengetahui Ganjar, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Dari situ didapati bahwa elektabilitas Ganjar mencapai 43,3 persen, Prabowo 24,4 persen, sedangkan Anies 21,7 persen. Setelah itu, SMRC mengeluarkan pemilih PDIP dari kelompok 569 responden tersebut, meski Saidiman tidak mengungkapkan jumlahnya.

Tanpa pendukung PDIP, didapati bahwa elektabilitas Ganjar turun menjadi 35,3 persen. Sedangkan elektabilitas Prabowo naik menjadi 30,8 persen, Anies 25,5 persen, dan 8,4 persen responden tidak memberi jawaban atau tidak tahu.


Menurut Saidiman, Ganjar mendapat dukungan dari pemilih partai lain. Sementara itu di kelompok responden yang mengetahui Ganjar, Anies, dan Prabowo, bukan pemilih PDIP, serta puas terhadap kinerja Jokowi, ada 43,9 persen responden yang memberi dukungan kepada Ganjar.

Ganjar juga unggul dibanding Prabowo dan Anies dalam kelompok responden yang puas dengan kinerja Jokowi dalam menangani virus corona (COVID-19) dan pemulihan ekonomi. "Kecenderungan bahwa mereka yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi itu cenderung memilih Pak Ganjar Pranowo walaupun mereka ini bukan massa pemilih PDIP. Sementara sebaliknya, yang tidak puas cenderung memilih Pak Prabowo Subianto dan Anies Baswedan," paparnya.

Di sisi lain, Jokowi sendiri telah memberikan pesan terhadap relawannya terkait Pilpres 2024. Dalam pembukaan Rapimnas Seknas Jokowi Tahun 2021, sang Presiden meminta para relawannya untuk bersabar.

"Sabar dulu, tidak usah tergesa-gesa. Enggak usah grusa-grusu," kata Jokowi dalam video di kanal YouTube Seknas Jokowi, Minggu (13/6). "Saya tahu relawan Jokowi, termasuk Seknas Jokowi, ini seksi. Pasti akan ditarik-tarik ke sana kemari oleh para calon yang ingin maju pada Pemilihan Presiden 2024."

Menurut Jokowi, para relawannya akan menjadi rebutan banyak pihak karena telah terbukti dapat mengantarnya menjadi Presiden RI selama dua periode. Jokowi bahkan mengungkapkan bahwa relawannya kini sudah ada yang ditarik-tarik dan dirayu untuk mendukung tokoh tertentu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru