Sering Tempati Posisi Teratas Survei Capres 2024, PDIP Sebut Ganjar Tak Bisa Maju Tanpa Partai
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional
Polemik Ganjar vs Puan

Pilpres 2024 akan dilaksanakan tiga tahun lagi, namun isu nama-nama yang bakal maju jadi Capres sudah terdengar publik. Salah satunya adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sering kali menempati posisi atas survei Pilpres 2024.

WowKeren - Pemilihan Presiden (Pilpres) masih akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang. Akan tetapi, survei-survei terkait dengan calon Presiden 2024 telah ramai mencuat ke publik.

Adapun salah satu nama yang kerap kali berada di posisi atas survei Capres 2024 yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam sejumlah survei, nama Ganjar turut berada di posisi atas sebagai Capres yang diunggulkan.

Menanggapi hal tersebut, Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan bahwa meski Ganjar kerap kali berada di posisi atas berbagai survei, Gubernur Jateng itu tidak bisa menentukan sendiri untuk Pilpres 2024. "Pak Ganjar buka elite partai yang bisa menentukan dirinya sendiri, di sini memang tantangannya," tutur Andreas dalam sebuah diskusi, Minggu (13/6).

Meski demikian, Andreas mengakui bahwa Ganjar mempunyai modal yakni dukungan dari masyarakat untuk maju Pilpres 2024. Di sisi lain, ia menyebutkan bahwa teman satu partainya itu baru dikenal di seputaran Jawa Tengah saja.


"Kita lihat bahwa publik memberi apresiasi dan dukungan yang cenderung baik pada hari ini, terutama berkaitan dengan aspek disukai sehingga memang perlu Pak Ganjar untuk lebih banyak dikenal," terangnya. "Sementara di desa-desa atau di pedalaman, Pak Ganjar belum dikenal bila dibandingkan Pak Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, bahkan dengan Pak Sandiaga Uno."

Andreas menegaskan bahwa semua keputusan, berada pada tangan Ketua Umum (Ketum) partai politik (Parpol). "Di PDIP oleh Ibu Megawai Soekarnoputri karena memang dalam AD/ART partai bahwa Ketum itu punya hak prerogatif untuk memutuskan hal-hal yang sangat startegis," tutup Andreas.

Sebelumnya, Ganjar telah mendapatkan dukungan dari kelompok relawan Joko Mania (JoMan) untuk maju Pilpres 2024. Namun, Ganjar menegaskan bahwa dirinya saat ini fokus untuk menangani kasus COVID-19 di wilayahnya.

Selain itu, Ganjar juga mengatakan bahwa urusan Pilpres 2024 bukanlah kewenangannya, melainkan Ketum PDIP. Ganjar menjelaskan bahwa dirinya adalah hanya sekadar kader PDIP.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts