Jelang Perpanjangan PPKM, Beredar Kabar Bioskop Boleh Buka Hingga WNA Diizinkan Masuk RI
Nasional
PPKM Darurat

Beredar sejumlah usulan relaksasi jelang perpanjangan PPKM Level 2-4, termasuk pembukaan bioskop, uji coba work from office di 5 kota, hingga TKA boleh masuk.

WowKeren - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia berakhir per Senin (6/9) hari ini. Bila merujuk pada pekan-pekan sebelumnya, pemerintah akan mengumumkan evaluasi hingga rencana perpanjangan ke depannya yang siap berlaku mulai Selasa (7/9).

Sejumlah isu beredar terkait rencana perpanjangan ini, termasuk DI Yogyakarta yang dikabarkan akan turun ke Level 3 sedangkan Bali tetap di Level 4. Namun selain itu, terdapat beberapa informasi yang beredar termasuk usulan relaksasi PPKM yang konon masuk ke forum Rapat Terbatas hari Senin (6/9) ini.

Termasuk di antaranya usulan untuk membuka kembali bioskop per 14 September 2021. Namun selayaknya berbagai relaksasi selama PPKM, pembukaan bioskop ini juga harus dilengkapi dengan protokol kesehatan ketat dan pemakaian aplikasi PeduliLindungi.

Lalu terdapat pula usulan melonggarkan durasi makan di restoran di dalam mal sampai 60 menit dengan kapasitas 50 persen. Kemudian ada usul untuk menertibkan restoran di luar mal hingga pembukaan pusat perbelanjaan di Bali secara terbatas.


Kemudian terdapat pula usulan untuk mengizinkan Tenaga Kerja Asing untuk masuk ke Indonesia per Rabu (8/9). Namun mereka harus memiliki visa sesuai ketentuan, menjalani karantina 8 hari, mengikuti tiga kali tes PCR, serta mendapat vaksinasi penuh COVID-19.

Sementara untuk sektor pariwisata, muncul usulan 20 tempat wisata di wilayah PPKM Level 3 boleh dibuka dengan prokes ketat serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Sedangkan tempat wisata di PPKM Level 2 yang wajib memakai PeduliLindungi. Serta usulan berikutnya untuk mempersiapkan quality tourism bagi WNA, tentu saja setelah Bali siap dibuka.

Sedangkan usulan lain adalah perkantoran nonesensial untuk wajib menggunakan PeduliLindungi selama sepekan ke depan. Uji coba work from office juga siap dilakukan pada 14 September di Semarang, Jakarta, Surabaya, dan Bandung dengan 25 persen staf.

Meski demikian, semua yang disebutkan di atas merupakan usulan yang belum tentu difinalisasi pemerintah. Sedangkan keputusan perpanjangan PPKM akan dilakukan pada Senin (6/9) hari ini.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts