PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 13 September, Dine In di Mal Boleh 60 Menit
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional
PPKM Darurat

Dalam konferensi persnya hari Senin (6/9), Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan perpanjangan PPKM Level 2-4 di Jawa dan Bali sampai 13 September 2021.

WowKeren - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4. Untuk di wilayah Jawa dan Bali, PPKM Level 2-4 akan diperpanjang mulai Selasa (7/9) besok sampai Senin (13/9) pekan depan.

Secara garis besar, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa kondisi COVID-19 di Jawa dan Bali sudah membaik, meski masih terdapat beberapa daerah yang memerlukan lebih banyak waktu untuk menurunkan level asesmennya seperti Bali yang tetap menerapkan PPKM Level 4.

"Kota dari wilayah aglomerasi juga Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil turun ke Level 3," ujar Luhut dalam siaran persnya, Senin (6/9). "Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu satu satu minggu lagi untuk turun ke Level 3."

Meski demikian, pemerintah mulai mengizinkan pelonggaran kegiatan di tengah PPKM Level 4 Bali. Seperti uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan di Bali dengan batasan-batasan tertentu, disiplin protokol kesehatan ketat, serta tentu saja pemakaian aplikasi PeduliLindungi.


Pelonggaran yang diterapkan bukan cuma itu. Pemerintah juga memperpanjang durasi makan di tempat alias dine in yang diperbolehkan, yakni menjadi 60 menit. Pelonggaran lain termasuk uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah PPKM Level 3.

"Penyesuaian waktu makan (dine in) dalam mal menjadi 60 menit dengan kapasitas 50 persen," kata Luhut. Koordinator PPKM Jawa-Bali itu pun berharap agar berbagai ketentuan yang diterapkan, termasuk pelonggaran, ditanggapi dengan arif oleh masyarakat serta agar jangan sampai memicu terjadinya lonjakan kasus COVID-19.

Sebelumnya diberitakan beberapa usulan relaksasi PPKM Level 2-4, termasuk izin makan di tempat sampai 60 menit maupun uji coba work from office. Selain itu beredar pula kabar bioskop akan dibuka dengan prokes ketat serta memakai PeduliLindungi.

Sedangkan pada Senin (6/9), Indonesia mencatatkan 4.413 kasus positif COVID-19 baru. Angka kesembuhan hariannya mencapai 13.049, namun sebanyak 612 pasien COVID-19 pun dikonfirmasi meninggal dunia di hari yang sama.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts