Pemkot Surabaya Kembali Buka 8 Taman Kota, Simak Aturan Lengkapnya
Twitter/BanggaSurabaya
Nasional

Pada penerapan PPKM Level 1-4 Jawa-Bali kali ini, Kota Surabaya telah turun ke level 1. Dengan begitu, Pemkot Surabaya telah kembali membuka sejumlah fasilitas umum, seperti Taman Kota.

WowKeren - Selama pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia, pemerintah menerapkan sejumlah peraturan guna menekan penyebaran virusnya. Salah satu kebijakan yang diterapkan di seluruh wilayah Indonesia adalah menekan mobilitas melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4.

Seperti yang diketahui, pada PPKM Level 1-4 Jawa-Bali periode 19 Oktober - 1 November 2021, banyak daerah yang telah turun ke level 1, termasuk Kota Surabaya. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai membuka kembali fasilitas umum yang sebelumnya sempat ditutup sementara mengikuti kebijakan pemerintah.

Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) resmi kembali membuka 8 dari 39 Taman Kota. Meski demikian, Pemkot juga memberlakukan sejumlah aturan, khususnya mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes).

Adapun 8 Taman Kota yang dimaksud adalah Taman Flora, Taman Sejarah, Taman Cahaya, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Taman Kebun Bibit, Taman Prestasi, dan Taman Ekspresi. Bagi siapapun yang akan mengunjungi taman-taman tersebut, nantinya mereka juga diharuskan melakukan scan QR code barcode melalui aplikasi PeduliLindungi.


Anna Fajriatin selaku Kepala DKRTH mengatakan bahwa untuk anak-anak, diperbolehkan memasuki Taman Kota, dengan harus didampingi oleh orangtua masing-masing. Kemudian, pengunjung nantinya juga akan dipantau oleh tim yang bertugas atas penerapan prokes selama berada di area taman.

Anna menuturkan bahwa kembalinya 8 Taman Kota itu dibuka berdasarkan dari asesmen yang dikeluarkan oleh Satgas COVID-19 Surabaya. "Kami memperbolehkan anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke taman bersama orang tua dengan menunjukkan QR code barcode aplikasi PeduliLindungi, yang artinya orang tua tersebut sudah melakukan vaksinasi," papar Anna, Jumat (22/10).

Kemudian, lanjut Anna, pembukaan 8 Taman Kota tersebut dibagi menjadi dua sesi. Pertama, dibuka pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk sesi kedua, dibuka mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Saat hendak masuk ke area taman, dilakukan secara bertahap.

Sementara untuk kapasitas, kata Anna, masing-masing taman memiliki luas yang berbeda, sehingga menyesuaikan. Taman Kota mulai melakukan uji coba pembukaan selama 3 hari yakni Jumat-Mingu (22-24 Oktober 2021).

Di sisi lain, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DKRTH Surabaya, Mohamad Iman Rachmadi menuturkan setiap pengunjung mendapat estimasi waktu berkunjung 30 hingga 60 menit. Hal ini dilakukan guna menghindari potensi kerumunan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait