PSI Beri Penjelasan Soal Puluhan Warga Koja Keracunan Usai Konsumsi Nasi Kotaknya
Unsplash/Kelly Sikkema
Nasional

Menurut Ketua RW 006, Kelurahan Koja, Jakarta Utara, Suratman, puluhan nasi kotak berlogo Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut dibagikan pada Minggu (24/10).

WowKeren - Puluhan warga RW 006, Kelurahan Koja, Jakarta Utara, keracunan diduga karena mengkonsumsi nasi kotak berlogo Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Suratman selaku Ketua RW 006 lantas mengungkapkan kronologi insiden tersebut.

Menurut Suratman, puluhan nasi kotak tersebut dibagikan pada Minggu (24/10). Suratman mengaku PSI tidak menggelar acara khusus untuk warga, pembagian makanan diklaim spontan karena hubungan kedekatan.

"Selang beberapa jam setelah mengkonsumsi, warga mulai merasakan mual-mual," ungkap Suratman dilansir CNN Indonesia.

Sekitar 35 orang keracunan usai menyantap nasi kotak tersebut. Namun tidak semuanya dirawat di rumah sakit.

"Ada yang berobat, ada yang menahan saja. Jadi yang di RS ada 24 orang. Untuk saat ini yang dirawat lima orang, selebihnya sudah diizinkan pulang," katanya.


Pihak PSI sendiri telah buka suara atas insiden tersebut. Menurut Sekretaris DPW PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina, pihaknya hanya membagikan nasi kotak tersebut dan tidak membuatnya sendiri.

"PSI tidak membuat makanan yang dibagikan dalam bentuk rice box tersebut," jelas Elva pada Senin (25/10). "Kami membagikan dan menghimpun dukungan program rice box ini dari publik, bekerja sama dengan warung-warung dan UMKM."

Menurut Elva, PSI mendukung UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 dan membeli makanan dari sana. Sejauh ini sudah ada lebih dari 300 ribu nasi kotak yang dibagikan di seluruh Indonesia.

Elva juga mengaku telah berkoordinasi dengan pihak puskesmas dan rumah sakit untuk memastikan penanganan warga yang keracunan. PSI juga menyampaikan permohonan maaf atas insiden tersebut.

"Kami mohon maaf atas hal-hal yang kita bersama tidak harapkan. Kami juga telah memberikan bantuan bagi para korban keracunan makanan," pungkasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru