Satgas COVID-19 Ungkap Pemerintah Terus Kaji Program VTL Dengan Singapura
Nasional

Sebagai informasi, wisatawan yang masuk ke Singapura dan sudah divaksin di bawah program Vaccinated Travel Lane (VTL) tidak diwajibkan untuk menjalani karantina pada saat kedatangan.

WowKeren - Indonesia masuk ke dalam program Vaccinated Travel Lane (VTL) Singapura mulai 29 November 2021 mendatang. Sebagai informasi, wisatawan yang masuk ke Singapura dan sudah divaksin di bawah program VTL tidak diwajibkan untuk menjalani karantina pada saat kedatangan. Sebagai gantinya, mereka akan diminta untuk melakukan Tes Pra-Keberangkatan dengan hasil negatif yang diambil dalam waktu dua hari sebelum keberangkatan dan menjalani tes PCR saat kedatangan.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 lantas mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini terus mengkaji program VTL tersebut. "Iya (pembebasan karantina negara lain) masih dibicarakan ya, termasuk pertimbangan khusus dari Kementerian Luar Negeri," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, kepada CNN Indonesia pada Selasa (16/11).

Indonesia saat ini sudah melakukan kerjasama VTL dengan Malaysia. Sedangkan kerjasama VTL dengan Singapura masih dibicarakan.

Wiku sendiri menegaskan bahwa kerjasama ini akan didasarkan pada sejumlah pertimbangan. Di antaranya adalah perkembangan laju penularan COVID-19 di negara itu, hingga capaian vaksinasi COVID-19.


"VTL yaitu pembebasan karantina dan pengakuan masing-masing sertifikat vaksin," jelasnya. "Pemilihan negara kerjasama ini juga mempertimbangkan kasus dan cakupan vaksinasi terkini di masing-masing negara."

Di sisi lain, Menteri Transportasi Singapura S Iswaran telah menyatakan bahwa program VTL dengan Indonesia masih menjadi jalur perjalanan sepihak untuk saat ini. Iswaran menyatakan bahwa Indonesia baru membuka perbatasannya untuk 19 negara.

"Indonesia tetap tertutup untuk perjalanan umum, tetapi sudah mulai membuka perbatasannya. Sejak 14 Oktober, Indonesia secara sepihak membuka kembali perbatasannya untuk mengizinkan pengunjung dari 19 negara," kata Iswaran. "Kami berharap Indonesia juga segera membuka kembali perbatasannya untuk pelancong dari Singapura."

Adapun pengajuan Vaccinated Travel Pass (VTP) untuk Pengunjung Jangka Pendek dan Pemegang Tiket Jangka Panjang akan dimulai pada 22 November 2021 untuk pelancong dari India dan Indonesia. Warga Singapura yang berada di luar negeri dan penduduk permanen yang telah divakinasi COVID-19 penuh tak perlu mengajukan permohonan jika mereka bepergian melalui VTL.

"Wisatawan yang akan melakukan perjalanan dari Singapura ke negara/kawasan tersebut disarankan untuk memeriksa persyaratan masuk yang berlaku di destinasi tersebut," papar Kementerian Kesehatan Singapura.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait