Keputusan Venue Formula E DKI Jakarta Ada di Tangan Jokowi, Ini 5 Calon Lokasinya
Unsplash/Spencer Davis
Nasional

Chief Championship Officer sekaligus Co-Founder Formula E, Alberto Longo, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo yang akan mengambil keputusan venue Formula E di DKI Jakarta.

WowKeren - Lokasi ajang balap mobil listrik Formula E di DKI Jakarta akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo dan diumumkan sebelum Natal. Hal ini disampaikan langsung oleh Chief Championship Officer sekaligus Co-Founder Formula E, Alberto Longo.

"Jadi kita akan melakukan semacam feasibilities study untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu sebelum nanti diumumkan sebelum Natal dan mudah-mudahan sebelum Natal sudah ada keputusannya," tutur Alberto dalam jumpa pers pada Rabu (24/11). "Kita akan melanjutkan proposal kepada Presiden Republik Indonesia dan beliaulah yang akan mengambil keputusan."

Alberto juga mengungkapkan lima calon lokasi Formula E di Ibu Kota, yakni wilayah Sudirman, PIK, kawasan dekat Stadion JIS, JIExpo Kemayoran, dan Ancol. Kelima calon venue tersebut kini masih dalam tahap uji kelayakan.

"Ada banyak sekali lokasi yang bagus. Terlalu banyak opsi yang baik," ujar Alberto.


Hal senada juga telah disampaikan oleh Bambang Soesatyo yang merupakan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan bahwa keputusan final penentuan lokasi Formula E berada di tangan Jokowi.

"Kami minta arahan Presiden soal alternatif lokasi," tutur Bamsoet. "Kalau di beberapa negara, tempat ikonik yang terpilih."

Menurut Bamsoet, Alberto nantinya akan menyerahkan langsung hasil feasibility study terhadap kelima calon lokasi tersebut. "Presiden akan memilih. Alberto bakal buat study soal plus minus jalur-jalur tersebut," kata Bamsoet.

Bamsoet sendiri menilai gelaran Formula E ini akan melengkapi ajang kejuaraan balap bergengsi di Sirkuit Mandalika, NTB. Yaitu World Super Bike Championship (WSBK) pada 19-21 November 2021 lalu serta MotoGP 2022.

"Kita harapkan event ini bisa meningkat banyak pariwisata. Penggemar otomotif dunia hadir di sini dan disiarkan lebih dari 150 televisi dunia dan disaksikan ratusan minimal lebih dari 1,8 miliar seperti yang kemarin di Mandalika," pungkas Bamsoet.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru