Upaya Evakuasi dari Ukraina Masih Gagal, Kemenlu Ungkap Kondisi 9 WNI di Kota Chernihiv
AFP/National Police of Ukrain
Nasional

9 WNI kini masih 'terjebak' di kota Chernihiv, Ukraina dan belum bisa dievakuasi. Kemenlu pun berhasil melakukan komunikasi dan mengungkap kondisi terkini dari 9 WNI tersebut.

WowKeren - Hingga kini masih ada sejumlah WNI (Warga Negara Indonesia) di Ukraina karena upaya evakuasi belum bisa dilakukan. Tepatnya, kesembilan WNI itu masih ada di kota Chernihiv.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI pun telahmemastikan kondisi terkini sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah perang kota Chernihiv, Ukraina pada Minggu (13/3). Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Judha Nugraha menyatakan bahwa kondisi dari kesembilan WNI di Chernihiv saat ini dalam keadaan selamat dan aman.

"Komunikasi dengan sembilan WNI yang sempat terputus karena gangguan komunikasi seluler, saat ini sudah bisa terhubung kembali. Mereka dalam kondisi aman dan sehat di safe house," ungkap Judha Nugraha pada Minggu (13/3) kemarin.

Judha menyebut bahwa komunikasi dengan kesembilan WNI itu memang sempat terputus karena ada gangguan. Meski begitu Judha mengatakan bahwa fasilitas listrik, air dan gas tetap beroperasi di kota tersebut. Persediaan logistik juga dikatakan masih memadai.


Berdasarkan informasi yang didapat, Judha membeberkan bahwa pertempuran masih terjadi di Chernihiv. Serangan tersebut sempat mengganggu layanan umum seperti air, listrik, gas dan jaringan komunikasi. Namun hal tersebut sudah bisa diperbaiki kembali.

Pihak Kemenlu RI dan KBRI di Ibu Kota Ukraina, Kiev pun masih mengupayakan evakuasi kesembilan WNI tersebut. Upaya evakuasi hingga kini terus dilakukan KBRI Kyiv dan Tim Perlindungan WNI. Judha mengungkap upaya evakuasi yang dilakukan beberapa kali harus mengalami kegagalan karena situasi pertempuran Ukraina dan Rusia yang tidak memungkinkan.

"Beberapa kali upaya evakuasi harus ditunda karena situasi pertempuran di jalur evakuasi. Kedua pihak yang berperang perlu membentuk humanitarian corridor yang benar-benar dipatuhi dan efektif di lapangan," pungkas Judha.

Diketahui bahwa masih terdapat 51 WNI yang berada di Ukraina hingga saat ini. Mayoritas dari mereka adalah WNI yang memilih tetap tinggal di Ukraina. Sisanya adalah beberapa WNI yang sedang diupayakan dievakuasi keluar Ukraina, antara lain di Chernihiv.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru