Kenalan Dengan Istilah PAP, Bahasa Gaul Yang Populer Di Kalangan Anak Muda
Unsplash/Antoine Beauvillain
SerbaSerbi

Bahasa gaul PAP (Post a Picture) semakin populer di tengah masyarakat. Yuk, kenalan dengan istilah PAP, fungsinya dan kapan harus digunakan melalui artikel berikut ini.

WowKeren - "PAP dong!", "Coba PAP!", "Mana PAP!". Istilah tersebut tentu sudah tak asing di telinga bukan?

Belakangan memang populer istilah PAP di tengah masyarakat terutama kalangan anak muda. Sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan istilah tersebut terutama untuk mereka yang jarang mengakses media sosial.


Saking menjamurnya kata PAP, tak sedikit orang dewasa yang belum paham dengan istilah ini menjadi penasaran. Beberapa di antara mereka pun memilih bertanya pada anak atau keluarga yang lebih muda.

PAP memang kerap muncul di media sosial atau chat obrolan bersama teman. Supaya tak ketinggalan zaman dan mengetahui pengertian dari PAP, yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Apa Itu PAP


Apa Itu PAP
Unsplash/Eaters Collective

PAP berasal dari bahasa Inggris yakni Post a Picture. Singkatnya, Post a Picture diringkas penyebutannya menjadi PAP untuk memudahkan komunikasi.

PAP tak memiliki artian khusus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Istilah ini masuk dalam salah satu kamus gaul anak muda yang kini telah berubah menjadi bahasa sehari-hari.

Istilah ini dipakai ketika seseorang hendak mengirim atau meminta foto ke lawan bicara. Istilah PAP kerap dijumpai di media sosial atau ruang obrolan anak muda. Bentuk foto PAP pun beragam, bisa foto diri, kegiatan atau situasi terkini.

Istilah PAP sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Mulanya, PAP populer di dunia online shop. PAP digunakan untuk meyakinkan jika barang yang hendak dibeli atau dijual sesuai deskripsi.

Kini seiring semakin canggihnya teknologi, istilah PAP tak hanya populer dalam praktik online shop. PAP kini sudah berubah menjadi bahasa sehari-hari bahkan di lingkungan profesional sekalipun.

2. Fungsi PAP


Fungsi PAP
Unsplash/Mateus Campos Felipe

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa PAP adalah istilah yang digunakan untuk mengirim atau meminta foto pada lawan bicara. Istilah gaul ini berfungsi untuk mengirim foto kegiatan, kondisi seseorang atau aktivitas yang dilakukan secara real-time.

Dengan begitu, lawan bicara akan percaya dengan ucapan atau penjelasan Anda. PAP juga difungsikan untuk mempermudah komunikasi. Dengan PAP, seseorang tak perlu lagi menjelaskan situasi yang terjadi.

Pasalnya, hanya dengan mengirim foto, lawan bicara biasanya sudah paham dan mengerti kondisi atau hal yang hendak Anda bicarakan. Karena itu, penggunaan istilah PAP semakin eksis di tengah masyarakat.

3. Kapan Istilah PAP Digunakan


Kapan Istilah PAP Digunakan
Unsplash/Campbell

Kendati sudah menjadi bahasa sehari-hari, tak semua aktivitas cocok digambarkan dengan istilah PAP. Masyarakat biasanya memakai istilah PAP dalam momen-momen tertentu. Misalnya, mencari keberadaan seseorang.

Ketika Anda memiliki janji dengan seseorang, biasanya istilah PAP akan dipakai. Hal itu guna mengetahui keberadaan orang yang hendak ditemui sehingga Anda tak lagi kesulitan untuk mencari.

Contoh lain penggunaan istilah PAP adalah saat Anda memiliki janji bertemu seseorang dengan waktu dan tempat yang sudah disepakati. Namun, di tengah perjalanan Anda mengalami kendala seperti macet atau kendaraan bermasalah.

PAP pun dibutuhkan untuk membuktikan ke lawan bicara bahwa Anda tidak sekadar beralasan dan benar-benar mengalami kendala. Dengan begitu, teman yang sudah menunggu lama tak akan kecewa atau marah pada Anda.

PAP juga biasa dipakai untuk mengabarkan keberadaan dan kondisi Anda pada keluarga, rekan atau kekasih. Biasanya, orang terdekat mengkhawatirkan kondisi Anda dan meminta Anda untuk mengirimkan foto secara real-time. Dengan begitu, mereka akan tahu Anda sedang baik-baik saja atau tidak.

Itu dia penjelasan seputar PAP, istilah yang tengah populer di tengah masyarakat. Terus nantikan artikel menarik lain tentang PAP yang dirangkum untuk sobat WowKeren. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait