Sampah Plastik Bisa Untuk Buat Bayar Pembuatan SIM- dan SKCK di Cirebon
Nasional

Polresta Cirebon membuka program pembayaran pembuatan SIM dan SKCK dengan menggunakan sampah limbah plastik. Bahkan warga yang membayar dengan sampah juga akan menjadi prioritas.

WowKeren - Indonesia terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya limbah plastik. Karena itu, gerakan reuse, reduse dan recycle terus digiatkan. Pemerintah pun juga melakukan berbagai cara untuk ikut mendukung gerakan tersebut.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Cirebon, Jawa Barat. Masyarakat bisa memanfaatkan sampah plastik untuk melakukan pembayaran pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Program itu diadakan Polresta Cirebon sebagai bentuk dukungan mereka dalam penanganan sampah plastik di wilayahnya agar semakin berkurang.

"Masyarakat yang memanfaatkan sampah plastik untuk pembayaran biaya SKCK dan SIM akan kami prioritaskan," ujar Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, Senin (15/8), mengutip Antara.

Bahkan, Satlantas Polresta Cirebon menyebut akan memprioritaskan masyarakat yang melakukan pembayaran dengan menggunakan sampah plastik. Salah satu bentuk layanan prioritas tersebut adalah tidak perlu antre saat melakukan proses pembuatan SIM atau SKCK.

"Kami berikan ruangan khusus bagi masyarakat yang memanfaatkan sampah plastik dan saat membuat SIM serta SKCK juga tanpa mengantre," ungkap Kombes Pol Arif Budiman.


Layanan yang diberikan Polresta Cirebon tersebut diberi nama Green Service. Di mana warga masyarakat yang ingin membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam bentuk pembuatan SIM dan SKCK dengan memakai sampah plastik.

Masyarakat Cirebon nantinya bisa menggunakan bank sampah di berbagai wilayah mereka untuk menukar dan menabung sampah plastik. Setelah jumlah saldo yang terkumpul mencukupi atau lebih, masyarakat bisa datang ke Polresta Cirebon untuk membuat SIM atau SKCK dengan menunjukkan bukti tabungan dari bank sampah tersebut.

"Masyarakat bisa memanfaatkan bank sampah yang ada di Kabupaten Cirebon. Saat ini ada 10 bank sampah yang sudah bekerja sama," terangnya.

Sementara itu, Imron selaku Bupati Cirebon mengatakan bahwa terobosan yang dilakukan oleh Polresta Cirebon perlu didukung. Hal itu karena bisa meminimalkan sampah plastik.

"Dengan membayar SIM menggunakan sampah plastik, saya apresiasi dan atas nama masyarakat saya mengucapkan terima kasih," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait