TNI AL Kerahkan Pasukan Selam Andal di 77 Titik, Kibarkan Bendera Merah Putih Saat HUT RI
KSDAE/KLHK
Nasional

Menjelang HUT RI ke-77 pada Rabu (17/8) besok, sejumlah pihak terkait tengah mempersiapkannya, termasuk TNI AL. Pasukan selam andal TNI AL akan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut.

WowKeren - Pada Rabu (17/8) besok, Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke-77. Seperti tahun sebelum-sebelumnya, setiap peringatan HUT RI selalu disambut dengan antusias oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan, TNI Angkatan Laut (AL) pun mengerahkan pasukan selam andal untuk mengibarkan bendera Merah Putih di 77 lokasi di bawah laut yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun pusat pengibarannya itu nanti diketahui dilaksanakan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu.

Nantinya, pada pusat pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut saat HUT RI ke-77 itu akan dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dalam hal tersebut, diketahui akan ada sebanyak 886 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI, Polri, Pemerintah Daerah (Pemda), organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat umum yang ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera Merah Putih di bawah air, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.


"Para penyelam membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara, serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut," bunyi keterangan Dinas Penerangan, Selasa (16/8).

Dalam keterangan tersebut, juga dikatakan bahwa momen pengibaran bendera di bawa laut itu bertujuan untuk menunjukkan luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya. Dengan begitum kekayaan tersebut juga harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas hingga Rote.

"Prajurit Jalsena Samudera TNI Angkatan Laut adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia," lanjut Dinas Penerangan.

Di samping itu, dalam persiapan menjelang HUT RI ke-77, Presiden Joko Widodo diketahui sudah resmi mengukuhkan calon Paskibraka (Capaska) menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Pusat Tahun 2022. Pengukuhan ini berlangsung pada Senin (15/8) kemarin, di Istana Merdeka, Jakarta.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait