Birthday Spotlight: Happy Jeon Soyeon (G)I-DLE Day
Selebriti

Untuk merayakan ulang tahun Jeon Soyeon (G)I-DLE kemarin, Jumat (26/6), Tim Redaksi WowKeren memutuskan mengulas muntas merjalanan karier grup hingga solo dari idol cantik kelahiran tahun 1998 ini.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight Kembali hadir untuk menemani para pembaca di akhir pekan. Kemarin, Jumat (26/8), idol cantik Jeon Soyeon (G)I-DLE diketahui bertambah usia menjadi 24 tahun usia internasional atau 25 tahun menurut perhitungan usia Korea Selatan. Pada kesempatan ini, tim WowKeren memutuskan untuk mengulas tuntas mengenai kehidupan Sooyeon mulai dari pradebut hingga saat ini.

Para penggemar K-Pop tentu sudah tidak asing dengan idol rapper cantik ini. Soyeon dikenal menjadi leader grup wanita populer, (G)I-DLE. Ia juga terkenal dengan kemampuan membuat lagunya yang bahkan diakui oleh sesama idol.

Yuk, intip mengenai perjalanan karier Soyeon dari awal debut hingga saat ini di dunia musik serta entertainment!

(wk/alfa)

1. Pradebut


Pradebut

Soyeon terungkap menjadi salah satu idol yang tidak masuk ke sekolah resmi. Ia diungkapkan menjalani homeshcooling. Namun, Soyeon disebut sempat sekolah SD umum di Kuryong Elementary School. Pada masa SD, Soyeon sempat masuk ke akademi balet. Soyeon mulai ingin menjadi musisi usai melihat penampilan dari BIG BANG, setelah terpesona dengan seniornya inilah idol cantik ini mantap keluar dari balet.

Soyeon sudah dikenal jauh sebelum ia resmi debut. Hal ini karena ia menjadi salah satu trainee yang menunjukkan kemampuannya di beberapa acara survival. Soyeon dikenal sebagai trainee berbakat Cube Entertainment yang mulai dikenalkan ke publik pada awal 2016.

Soyeon menjadi salah satu peserta "Produce 101" musim pertama yang mendebutkan IOI di 2016. Soyeon terungkap menjalani trainee selama 1,5 tahun sebelum bergabung di "Produce 101". Soyeon sukses mendapatkan sorotan karena kemampuan menyanyi serta rap. Sayang, Soyeon gagal debut dan menempati peringkat terakhir 20 sebelum akhirnya tereleminasi.

Tak lama usai "Produce 101" selesai menayangkan episode terakhir, Soyeon sukses menyita perhatian kala menjadi peserta di "Unpretty Rapstar" musim 3. Kemampuan rap Soyeon dinilai di atas rata-rata untuk trainee idol umumnya. Ia mendapatkan peringkat 3 di "Unpretty Rapstar" dan publik sangat menantikan debutnya.

Soyeon sendiri dikabarkan mulai menandatangani kontrak eksklusif sebagai artis Cube Entertainment sekitar Desember 2016. Kala itu, ia langsung mempersiapkan debut sebagai solois.

2. Debut


Debut

Soyeon resmi debut sebagai solois pada 5 November 2017 lewat lagu "Jelly". Soyeon menunjukkan sisi yang imut, keren, sekaligus swag pada debut solonya ini. Selain merilis "Jelly", Soyeon juga merilis "Idle Song". Kedua lagu ini diciptakan sendiri oleh Soyeon.

Meski telah debut solo, Cube Entertainment tak lama kemudian mengonfirmasi bahwa Soyeon akan bergabung dengan grup wanita baru mereka pada Januari 2018. Soyeon bergabung di line up debut (G)I-DLE bersama dengan 5 trainee lainnya yakni Soojin, Miyeon, Minnie, Yuqi, dan Shuhua. (G)I-DLE resmi debut pada 2 Mei 2018 dengan mini album perdana, "I AM".

Soyeon mendapatkan posisi sebagai leader sekaligus main rapper di (G)I-DLE. Grup idol berisikan Soyeon ini resmi debut dengan "Latata" yang sukses besar. Pada lagu debut (G)I-DLE ini, Soyeon lagi-lagi menunjukkan kemampuan sebagai komposer. Hingga saat ini, Soyeon masih menguatkan posisinya sebagai "idol-komposer" berbakat dengan sederet lagu populer yang ia ciptakan.

Pada Agustus 2018, Soyeon menjadi salah satu idol wanita yang bergabung pada proyek SM Entertainment yakni SM STATION bersama dengan Seulgi Red Velvet, Kim Chung Ha, dan SinB VIVIZ (saat itu masih di G-FRIEND). Grup ini diberi nama Station Young dan merilis "Wow Thing" pada 28 September 2018.

Soyeon kemudian bergabung di League of Legends sebagai Akali di akhir 2018. Karakter Akali dengan suara Soyeon pun sangat populer bahkan sampai dijadikan banyak cosplay dan fanart.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

(G)I-DLE meraih popularitas tinggi bahkan sejak awal debut di 2018, lagu "Latata" sukses besar. (G)I-DLE dinilai menjadi salah satu grup rookie monster kala itu. Hal ini membuat setiap karya baru dari (G)I-DLE semakin dinantikan. Kemampuan Soyeon sebagai idol-komposer juga semakin diagungkan.

Sayang Februari tahun lalu, (G)I-DLE harus ikut vakum secara tidak langsung karena Soojin terseret kasus bullying. Pada Agustus, Soojin kemudian diumumkan resmi keluar dan (G)I-DLE resmi menjalankan karier mereka sebagai 5 anggota hingga saat ini.

(G)I-DLE resmi comeback dengan formasi baru pada Maret 2022 lalu dengan album studio pertama mereka sejak debut, "I NEVER DIE". Pada lagu ini, "Tomboy" menjadi tittle track yang dipilih oleh (G)I-DLE. "I NEVER DIE" memiliki total 8 lagu di mana tak hanya "Tomboy" yang menjadi sorotan, B-Side Track "My Bag" juga sukses viral.

"Tomboy" berhasil menunjukkan kualitas (G)I-DLE bahkan setelah terseret kontroversi besar mantan anggotanya. "Tomboy" bahkan menjadi lagu dari grup idol wanita generasi 4 pertama di 2022 yang mendapatkan predikat "Perfect All Kill" (PAK).

Pada wawancara perdana kala mempromosikan "I NEVER DIE", Soyeon terang-terangan mengaku takut (G)I-DLE hancur setelah kehilangan 1 anggota namun ia mempercayai WINNER (II) yang memberikan semangat kepadanya. Namun, kekhawatiran leader (G)I-DLE ini tidak terbukti dan ia mengaku sangat bersyukur atas hal tersebut.

"Kami menghadapi masalah besar tahun lalu. Aku memiliki pemikiran ini pada waktu itu. 'Bukankah tim hancur jika seorang anggota pergi?', selalu ada prasangka seperti itu, tapi WINNER sunbaenim (senior) adalah satu-satunya orang yang aku percayai," ucap Soyeon Mei lalu.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Setelah debut di (G)I-DLE, Soyeon diketahui lebih aktif sebagai grup dibandingkan karier solo. Meski begitu, Soyeon semakin melebarkan sayapnya dengan membuat sederet lagu tak hanya untuk (G)I-DLE saja. Pada 2019, Soyeon juga memberikan salah satu lagu ciptaannya untuk sang senior CLC yakni "No" dan pada tahun-tahun selanjutnya untuk grup atau penyanyi lainnya.

Nama Soyeon di dunia Hip-Hop Korea pun semakin dipercaya. Pada Februari 2020, Soyeon memebrikan penampilan di acara Mnet "Do You Know Hip Hop". Acara ini menampilkan rapper tahun 1990-2000 yang mempelopori genre hip hop di Korea dan seorang tamu yang memiliki antusiasme abadi terhadap hip hop.

Setelah menunjukkan penampilan sebagai "young rapper" berkolaborasi dengan Double K dan Nuck membawakan "2020 Lion remix" untuk panggung kolaborasi Old & Young, Soyeon semakin disanjung. Soyeon kemudian semakin sering berkolaborasi dengan sederet penyanyi Hip-Hop ternama Korea Selatan di beberapa lagu misalnya "Dessert" milik DJ Hyo dan berkolaborasi rapper Loopy.

Juli tahun lalu, Soyeon akhirnya comeback solo perdana setelah hampir 4 tahun lamanya. Soyeon merilis album pertamanya, "Windy" yang berisi 5 lagu. Pada album ini "Beam Beam" menjadi lagu utama. "Beam Beam" juga menjadi lagu solo pertama Soyeon yang mendapatkan kemenangan di acara musik.

5. Kontroversi


Kontroversi

Februari lalu, Soyeon menuai kontroversi lantaran lagu buatannya dinilai telah melakukan plagiarisme kepada karya ATEEZ. Soyeon diketahui menciptakan lagu "Sun" untuk final acara survival idol "My Teen Girl".

Setelah penayangan, publik menyadari kemiripan dari "Sun" dan "Wave" milik ATEEZ yang dirilis pada 2019 lalu. KQ Entertainment selaku agensi ATEEZ pun memberikan tanggapan tegas terkait hal ini. Agensi ATEEZ membantah bahwa telah memberikan izin "Wave" dijadikan kredit atas lagu buatan Soyeon.

Soyeon dan Cube Entertainment mengungkapkan permintaan maaf terkait dengan persamaan melodi dari "Sun" dan "Wave" ATEEZ. Soyeon juga mengungkapkan permintaan maaf pribadi kepada produser "Wave" atas kasus plagiarisme ini dan memastikan bahwa kedepannya sang produser "Wave" juga akan masuk dalam kredit lagu "Sun". Meski permasalahan selesai, pada Juni lalu Soyeon masih menuai kritik lantaran ketahuan mendapatkan royalti atas lagu "Sun".

Pada Juni lalu, Soyeon juga menuai kontroversi karena gaya pakaiannya yang dinilai tidak pantas. Soyeon diketahui menjalani pemotretan dengan gaya berani memakai outfit underboobs. Namun, permasalahan justru bukan datang dari outfit underboobs.

Permasalahan datang dari celana yang kelewat terbuka di bagian tak semestinya. Soyeon sendiri memutuskan untuk tidak memberikan tanggapan terkait dengan kontroversi di mata publik ini.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Saat ini, Soyeon maupun (G)I-DLE masih belum menunjukkan karya baru mereka. Para penggemar sendiri siap untuk menantikan karya memukau (G)I-DLE lainnya yang digadang-gadang akan kembali membuat heboh.

Interaksi Soyeon dengan para idol atau musisi lainnya yang terlihat juga kerap membuat penggemar gemas. Tidak sedikit yang mengharapkan Soyeon akan berkolaborasi dengan musisi lainnya di masa depan.

Terus nantikan mengenai kelanjutan karier Soyeon di masa depan di WowKeren, ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru