Birthday Spotlight: Happy Sana Day
Selebriti

Sana TWICE telah memasuki usia baru per Kamis (29/12). Simak ulasan karier pelantun 'shy shy shy' part-nya di lagu 'Cheer Up yang sempat viral pada masanya berikut ini.

WowKeren - Sana TWICE baru saja merayakan ulang tahun ke-26 (perhitungan umur internasional) pada Kamis (29/12). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas perjalanan karier idol dengan imej cutie sexy ini.

Sukses menarik perhatian di mana-mana, Sana berhasil membuat part "shy shy shy" dalam lagu "Cheer Up" menjadi ikonik. Bahkan koreo yang dilakukan TWICE pada part itu telah di-cover oleh banyak selebriti.


Sana tak cuma dikenal karena sikap gemas dan kelucuannya, idol cantik itu juga merupakan salah satu member TWICE dengan kemampuan dance yang baik. Sana juga diketahui merupakan member paling suka nemplok dengan teman segrupnya.

Tanpa menunggu lama lagi, mari simak perjalanan karier Sana sejak sebelum debut hingga kini menjadi member salah satu girl grup K-Pop terbesar.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Minatozaki Sana dilahirkan di Tennoji-ku, Osaka, Jepang pada 29 Desember 1996. Sana tumbuh sebagai anak tunggal di keluarganya. Sejak kecil ia ingin menjadi penyanyi lantaran terinspirasi oleh grup K-Pop seperti SNSD (Girls' Generation).

Sejak 2009, Sana yang ingin menjadi penyanyi Jepang mulai berlatih dengan EXPG di Osaka. Saat SMP, ia direkrut oleh karyawan JYP Entertainment di sebuah pusat perbelanjaan dan diundang untuk ikut audisi tahunan agensi keesokan harinya. Usai lulus audisi, ia mulai menjadi trainee dan sempat masuk line-up debut yang kemudian batal.

Selama lebih 3 tahun menjadi trainee, Sana sempat muncul sebagai modal di MV GOT7 berjudul "A". Pada 2015, Sana berpartisipasi dalam survival "Sixteen" dan lolos sebagai salah satu member TWICE.

2. Debut


Debut
YouTube/JYP Entertainment

Sembilan orang yang terpilih dari 16 peserta "Sixteen" debut di bawah nama TWICE, termasuk Sana. Pada Oktober 2015, TWICE merilis album pertama "The Story Begins" dengan lagu utama "Like Ooh-Ahh".

Debut Sana bersama TWICE teribilang sukses dengan "The Story Begins" debut di peringkat 4 Gaon Album Chart. Kemudian album ini memuncak hingga posisi 3 dua minggu kemudian. Lagu "Like Ooh-Ahh" sendiri debut pada peringkat 22 dan sempat naik turun, mendapatkan puncaknya di peringka 10 tiga bulan setelah rilis.

Tahun pertama TWICE debut, girl grup ini mendapatkan penghargaan "Best Female Artist" dalam ajang Mnet Asian Music Awards 2015. Mereka pertama kali hadir di acara akhir tahun SBS Gayo Daejun 2015.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Twitter/jypnation/jypetwice

TWICE mengalami lonjakan karier sejak merilis album "Page Two" dengan lagu andalan "Cheer Up" yang jadi hits di mana-mana. Lagu aransemen ulang dari karya Park Ji Yoon "Precious Love dan "I'm Gonna Be a Star" ini bukan hanya berhasil di chart, melainkan juga menjadi meme populer karena line "shy shy shy" yang dinyanyikan Sana. Berkat album ini, TWICE berhasil menjual 150 ribu copy di saat masih jarang ada girl grup mencapai angka penjualan lebih 100 ribu copy.

Sepanjang karier TWICE hingga sekarang, lebih dari 14 juta album terjual secara kumulatif. Perhitungan ini berasal dari penjualan album Korea dan Jepang dari 2015 hingga 2022.

TWICE senantiasa menghasilkan musik yang mudah diterima publik. Dengan kesuksesan besar selama 2016 hingga 2017, mereka mendapatkan julukan "Nation Girl Group" dan dinilai lebih maju daripada girl grup yang debut pada tahun yang sama. Lagu-lagu mereka seperti "Cheer Up", "TT", dan "Signal" juga telah menjadi tren yang juga diikuti para selebriti lain.

Sana berpartisipasi dalam MV TWICE seperti "Like Ooh-Ahh", "Cheer Up", "TT", "Knock Knock", "Signal", "Likey", "Heart Shaker", "What Is Love?", "Dance the Night Away", "Yes or Yes", "Fancy", "Feel Special", "More & More", "I Can't Stop Me", "Alcohol-Free", "Talk That Talk" dan masih banyak lagi.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
YouTube/kobukuroofficialTV

Sana dikenal dengan kepribadian yang energik dan ceria. Baris ikoniknya "shy shy shy" dalam lagu "Cheer Up" pun telah membuat banyak orang jatuh hati. Popularitas Sana dipuji karena membantu meningkatkan hubungan antara Jepang dan Korea Selatan.

Pada Februari 2021, Sana merilis single solo setelah meng-cover "Sotsugyou" single milik band Jepang Kobokuro. Membuatnya menjadi member TWICE pertama yang merilis single solo. Single tersebut dirilis secara digital kemudian bersama Kobokuro sendiri pada Maret 2021.

Di luar TWICE, Sana didapuk menjadi model iklan sejumlah merek dan produk. Bersama dengan Dahyun, ia menjadi model skincare A'pieu pada 2021. Kemudian Sana menjadi wajah kosmetik Wakemake pada 2022.

Popularitas Sana juga tak main-main, dibuktikan sebagai idol terpopuler ke-17 di Korea Selatan versi survey Gallup pada 2018. Peringkatnya naik menjadi ke015 setahun berikutnya. Selain itu, Sana juga menjadi favorit para tentara berdasar survey dari prajurit yang selesai wajib milter.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/m.by__sana

Pada 2019, Sana menerima kecaman lantaran sebuah postingan di akun Instagram TWICE untuk promosi di Jepang tertanggal 30 April. Kontroversi itu bermula karena Sana membahas sejarah negaranya.

Menggunakan Bahasa Jepang, Sana menuliskan, "Sebagai orang yang lahir di era Heisei, hari ini adalah hari yang sepi tetapi saya mencoba yang terbaik. Mari kita buat yang terakhir hari 'Heisei' hari yang bersih dan memiliki awal yang baru."

Unggahan Sana mengacu pada saat Kaisar Akihito turun tahta setelah 30 tahun 3 bulan pada 30 April 2019. Dengan demikian, tanggal itu merupakan hari terakhir era "Heisei".

Publik yang marah karena Jepang tidak pernah meminta maaf atas masa lalu penjajahan terhadap Korea. Sana sebagai member girl grup Korea dianggap harus lebih mempertimbagkan postingannya. Di sisi lain, ada pula kubu netizen yang menganggapnya bukan masalah.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/jypetwice

Selama 2022, TWICE mengalami tahun yang cukup sibuk. Sejak akhir 2021, mereka menggelar tur "III" di Seoul, Amerika Utara, Jepang lalu memberikan penampilan encore di Amerika Utara pula. Tur ini berlangsung sejak Desember 2021 hingga Mei 2022.

Pada Juli, semua member TWICE termasuk Sana memperbarui kontrak dengan JYP Entertainment. Setelahnya, mereka sibuk mempromosikan album baru "Between 1&2".

Baru-baru ini, TWICE mengumumkan bakal merilis album baru pada tahun 2023. Rencanya, Sana cs akan merilis pra-rilis berbahasa Inggris pada Januari 2023. Kemudian EP ke-12 bakal diluncurkan pada Maret 2023.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru