Viral Video 200 Kg Buah Naga Dibuang di Sungai, Petani Minta Maaf
Nasional

Petani memberikan klarifikasi bahwa buah naga yang dibuang kondisinya sudah tak layak untuk dikonsumsi.

WowKeren - Belum lama ini viral video petani yang membuang sekitar sepuluh keranjang buah naga ke sungai. Dalam video tersebut, petani mengatakan bahwa buah naga karena tidak laku.

Salah satu petani di Banyuwangi menyebut harga buah naga yang anjlok hingga Rp1.500,- per kilogram membuatnya enggan menjualnya. Sebab, harga tersebut tak sepadan dengan ongkos yang harus dikeluarkan oleh petani.

"Harga ini sangat menyakitkan. Daripada tidak laku, buah naga saya buang ke sungai," kata Hari Candra Setyawandi Banyuwangi, Senin (21/1). "Kalaupun dijual, hasilnya tak mampu mengembalikan modal."

Tak tanggung-tanggung, jumlah buah naga yang dibuang mencapai 200 kilogram. “Sekarang kita buang 1 kuintal, kemarin 2 kuintal kita buang. Harganya benar-benar murah,” lanjut Hari.

Terkait video ini, salah satu petani lainnya asal Banyuwangi memberikan klarifikasi. Agus Widya Putra lewat video klarifikasinya meminta maaf dan menjelaskan bahwa buah naga yang dibuang sudah tidak layak konsumsi.


"Di sini saya meminta maaf kepada semua warga ataupun penonton yang telah nonton video saya yang sudah viral tentang pembuangan buah naga kemarin," kata Agus dalam video tersebut dilansir detikcom pada Selasa (22/1). "Tujuan saya bukan untuk hal-hal yang jelek, tapi semoga ada pihak-pihak tertentu yang menonton dan memberikan respons."

Ia menjelaskan bahwa ratusan kilo buah naga yang dibuang adalah yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Kondisi buah sudah tidak bagus lagi sehingga ketika dibuang ke sungai, sudah langsung mencair.

"Buah naga yang kemarin saya buang itu bukan buah yang bagus," lanjut Agus. "Tapi buah yang benar-benar nggak layak konsumsi dan sudah mencair seperti ini. Jadi masuk ke sungai sudah jadi air."

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi Arief Setyawan mengatakan bahwa pihaknya sudah diturunkan ke lapangan untuk mengecek kebenaran video tersebut. Memang benar, buah naga yang dibuang memang sudah busuk.

Arief mengatakan bahwa para petani sudah melakukan perjanjian dengan sejumlah perusahaan. Perusahaan tersebut akan membeli buah naga seharga Rp5000,- sampai Rp6000,- rupiah.

“Sudah ada tanda tangan perjanjian antara petani dan perusahaan," kata Arief dilansir Kompas pada Selasa (22/1). "Termasuk harga pembelian antara Rp5.000,- sampai Rp6.000,- sesuai dengan grade buah naganya."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait