Persiapan Sirkuit Mandalika NTB Untuk Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021
Nasional

Sirkuit di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dijadikan lokasi pagelaran MotoGP pada 2021.

WowKeren - Kejuaran Dunia MotoGP dipastikan akan digelar di Indonesia mulai musim 2021 mendatang. Ajang bergengsi tersebut akan digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), selama tiga musim.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer. Ia menjelaskan bahwa ITDC telah menandatangani Promotor's Agreement dengan promotor MotoGP, Dorna Sport.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT, pun buka suara. Ia mengaku bahwa masyarakat Lombok Tengah menyambut baik pembangunan sirkuit Mandalika.

"Pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah menyambut baik rencana pembangunan sirkuit ini," tutur Suhaili dilansir detikcom, Jumat (22/2). "Hal ini menunjukkan bahwa Lombok Tengah memiliki keunggulan dibandingkan daerah lainnya."

Menurut Suhaili, pembangunan sirkuit MotoGP akan menjadi pemicu perkembangan dunia pariwisata di NTB. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sendiri sudah melakukan berbagai persiapan, diantaranya adalah menyediakan berbagai kemudahan perizinan yang dibutuhkan.


"Kita siap memfasilitasi apa pun izin yang dibutuhkan," ujar Suhaili. Tak hanya soal izin, Pemkab juga mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Rencananya, pembangunan Sirkuit Mandalika akan dimulai pada Oktober 2019. Pembangunan badan jalan diperkirakan memakan waktu sekitar 6-9 bulan dan selesai pada semester ke-2 tahun 2020.

Pembangunan infrastruktur dalam proyek tersebut, termasuk untuk sirkuit jalan raya, membutuhkan investasi sebesar Rp 4,54 triliun. Panjang Sirkuit Mandalika mencapai 4,32 kilometer dan akan dibangun di atas lahan seluas 160 hektare.

Sirkuit tersebut akan terdiri dari 18 tikungan. Tak hanya itu, Sirkuit Mandalika akan memiliki satu lintasan lurus, yang nampaknya menjadi garis start dan finish.

Area paddock akan ditunjang dengan sarana 40 garasi untuk operasional tim balap. Kapasitas grand stand yang tersedia mencapai 93.200 tempat duduk.

Selain itu, terdapat 138.700 area tanpa tempat duduk. Serta hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait