Ini 10 Menu Sahur yang Bikin Kenyang Seharian Agar Siap Jalani Hari Pertama Puasa
Kuliner

Pada hari pertama puasa, kebanyak orang merasa belum terbiasa untuk menahan lapar, haus serta nafsu lainnya. Nah, kalian dapat mengonsumsi 10 menu sahur ini agar tetap kenyang seharian.

WowKeren - Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Bulan ini adalah yang paling mulia di dalam kalender Islam. Apa kalian sudah siap menjalani bulan Ramadhan?

Pada hari pertama puasa, kebanyak orang merasa belum terbiasa untuk menahan lapar, haus serta nafsu lainnya. Apalagi buat kalian yang belum melakukan persiapan apapun. Persiapan puasa diperlukan agar kalian dapat menjalani bulan puasa lebih mudah.

Nah, buat yang khawatir tidak akan kuat menahan lapar dan haus, kalian bisa mengandalkan 10 menu sahur yang bikin kenyang ini. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Sayuran Hijau Bakal Bikin Kenyang saat Puasa


Sayuran Hijau Bakal Bikin Kenyang saat Puasa

Makanan pertama yang wajib ada dalam menu kalian adalah sayuran hijau. Makanan ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang tidak hanya menyehatkan, namun juga membuat perut kenyang lebih lama.

Selain itu, sayuran hijau juga tidak memiliki banyak kalori, sehingga akan membuat berat badan tetap terjaga. Sayuran yang dapat kalian konsumsi adalah bayam, brokoli, kalian dan masih banyak lagi.

2. Kandungan Protein pada Telur Bikin Kenyang Tahan Lama


Kandungan Protein pada Telur Bikin Kenyang Tahan Lama

Protein merupakan salah satu kandungan yang paling baik untuk membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Kandungan protein tersebut bisa kalian dapatkan dari telur. Shelley McGuire dari American Society for Nutrition pernah menyampaikan bahwa mengonsumsi telur di pagi hari akan membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Kalian dapat mengolah telur menjadi berbagai makanan yang menarik, selain direbus. Misalnya omelet dengan sayuran dan daging di dalamnya. Cara membuatnya juga mudah banget, kan. Cukup kocok telur, lalu masukkan bahan-bahan lain yang digunakan. Kemudian goreng hingga matang.

3. Sahur dengan Pancake Pisang


Sahur dengan Pancake Pisang

Jika ingin makanan yang lebih menyegarkan, kalian dapat mencoba mengonsumsi pancake pisang saat sahur. Paduan tepung dan pisang akan membuat kalian tidak mengeluh soal rasa lapar. Asupan nutrisi pun bisa terjaga seharian, lho.

Tepung yang digunakan untuk membuat pancake pisang sebaiknya menggunakan tepung yang sehat, seperti tepung gandum utuh, tepung beras merah tepung almond dan masih banyak lagi. Simak selengkapnya tepung sehat lainnya di sini.

Kemudian, buatlah pancake seperti biasa, namun perbedaannya, kalian akan menambahkan pisang yang telah dihaluskan pada adonan. Setelah selesai dimasak, lengkapi dengan sirup maple atau dark chocolate leleh dan topping pisang di atasnya.

4. Nasi Merah dengan Berbagai Lauk Sehat


Nasi Merah dengan Berbagai Lauk Sehat

Apa kalian pernah mengonsumsi nasi merah? Nasi yang berasal dari beras merah ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang nasi putih biasa. Dengan mengonsumsinya, rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Pasalnya, makanan yang mengandung serat dan indeks glikemik yang rendah proses penyerapan zat gizi dapat terjadi secara perlahan sehingga rasa kenyang akan lebih lama.

Kalian dapat mengombinasikannya dengan lauk apapun saat sahur, misalnya ayam, telur atau ikan. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran dan buah pada menu makan kalian, ya.

5. Roti Gandum Topping Alpukat dan Selai Kacang


Roti Gandum Topping Alpukat dan Selai Kacang

Selain mengganti nasi putih dengan nasi merah, kalian juga dapat menggunakan roti gandum. Makanan ini menjadi pilihan tepat dan sehat buat kenyang seharian, namun tak membuat berat badan bertambah. Nah, agar rasa lebih nikmat, tambahkan pula alpukat dan selai kacang.

Alpukat merupakan buah yang mengandung banyak serat serta lemak baik untuk tubuh. Lemak ini juga akan membantu tubuh merasa kenyang. Kandungan nutrisi di dalamnya pun terbilang lengkap untuk mengenyangkan perut.

Cara membuatnya mudah, kok. Panggang roti gandum hingga wanginya terasa harus. Setelah itu, angkat kemudian oleskan selai kacang sesuai selera. Terakhir beri alpukat yang sudah dihancurkan pada bagian atas.

6. Apel dan Pir Bisa Membuat Perut Kenyang Lama


Apel dan Pir Bisa Membuat Perut Kenyang Lama

Buah-buahan juga enggak boleh terlewatkan dari menu sahur. Buah yang cocok agar perut terasa kenyang seharian adalah apel dan pir. Hal ini lantaran buah tersebut mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Buah ini biasanya dikonsumsi buat mereka yang tengah diet agar merasa kenyang.

7. Oatmeal dengan Topping Buah


Oatmeal dengan Topping Buah

Karbohidrat kompleks juga bisa kalian dapatkan dari oatmeal. Makanan ini akan memberi energi bagi tubuh dan otak untuk beraktivitas seharian. Selain itu, serat di dalamnya juga memberi efek kenyang lebih lama. Kalian bisa menjadikannya menu sahur.

Nah, saat sahur, kalian dapat mengonsumsi oatmeal dengan tambahan susu agar kalian mendapat asupan protein. Kemudian jangan lupa tambahkan buah-buahan segar untuk memperkaya rasa dan tambahan nutrisi, ya.

8. Konsumsi Salmon saat Sahur


Konsumsi Salmon saat Sahur

Ikan yang cocok untuk sahur adalah yang mengandung lemak baik seperti salmon dan tuna. Nah, ikan salmon dapat dipanggang atau dikukus agar tetap sehat, ya. Jadi, hindari mengolahnya dengan digoreng. Kalian juga dapat menambahkan kentang tumbuk dan brokoli sebagai pelengkap.

9. Ubi dan Singkong dapat Membuat Kenyang Tahan Lama


Ubi dan Singkong dapat Membuat Kenyang Tahan Lama

Makanan selanjutnya adalah ubi dan singkong. Kedua makanan ini bisa menjadi alternatif pengganti nasi saat sahur. Rebus atau kukus ubi dan singkong sebelum dihidangkan hangat-hangat. Ubi dan singkong juga nikmat jika disantap bersama sambal terasi, lho.

10. Kurma untuk Camilan saat Sahur


Kurma untuk Camilan saat Sahur

Untuk melengkapi sahur di hari pertama, kalian bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan. Kandungan gula alami dalam kurma akan membuat kalian tetap berenergi selama seharian penuh, lho. Apalagi terdapat banyak kandungan serat di dalamnya.

Kalian dapat mengolah kurma menjadi jus agar menu menjadi bervariasi. Caranya dengan mencampurkan di dalam susu atau dengan buah-buahan lainnya. Nah, selamat berpuasa, ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel