Dongkrak Pariwisata, Pemerintah Datangkan Puluhan Kapal Pesiar dari Luar Negeri
Nasional

PT Pelindo III menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan mendukung rencana pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan sepanjang 2019.

WowKeren - Pemerintah terus mengupayakan untuk meningkatkan jumlah turis yang datang ke Indonesia. Targetnya, akan ada 20 juta wisatawan yang berkunjung sepanjang 2019.

PT Pelindo III menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara yang akan mendukung rencana pemerintah tersebut. Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki enam pelabuhan yang bisa dilalui dan juga menjadi tempat bersandar kapal pesiar.

Ia berharap hal itu bisa mendukung potensi wisata. "Dengan hadirnya pelabuhan berstandar kapal cruise ini diharapkan bisa mendongkrak potensi wisata wilayah di sekitar pelabuhan tersebut," kata Doso melalui siaran persnya, Selasa (3/12).

Hingga November 2019, tercatat sudah ada 124 unit kapal pesiar yang bersandar di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III. Sementara untuk tahun 2020, Doso mengatakan bahwa pihaknya telah menerima 79 booking kunjungan dari sejumlah perusahaan kapal pesiar. Kabar baiknya, kapal-kapal yang akan membawa wisatawan asing tersebut kemungkinan jumlahnya masih bisa bertambah.


Oleh sebab itu, ia berkomitmen untuk memperbarui kapasitas dermaga dan fasilitas pendukung lainnya untuk memungkinkan agar kapal pesiar bisa langsung bersandar di dermaga. Sebab jika tidak demikian, maka dikhawatirkan akan menurunkan jumlah turis.

"Kalau enggak bisa sandar, pasti jumlah turis yang akan turun, terbatas karena harus ditransfer lagi ke kapal kecil karena kapal cruise hanya dapat berlabuh," jelas Doso. "Tapi kalau bisa bersandar orang-orang akan turun dari kapal pesiar langsung ke pelabuhan kit."

Sementara itu, Direktur Kepelabuhanan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan Subagiyo menilai bahwa Pelindo III telah sigap menyiapkan infrastruktur pelabuhan yang memadai. Untuk mendukung rencana pemerintah maka sektor transportasi juga penting untuk diperhatikan.

"Sektor pariwisata saat ini terus dipacu oleh pemerintah agar bisa memperoleh pendapatan negara melebihi sektor migas. Ini adalah tugas kita bersama terutama kita yang berada di sektor transportasi untuk mendukung rencana tersebut," kata Subagiyo.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait