Layanan Pembuatan dan Perpanjang SIM Polda Metro Jaya Ditutup Sementara, Begini Dispensasinya
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sementara layanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

WowKeren - Belakangan ini wabah virus corona di Indonesia semakin meresahkan publik. Kendati demikian, pemerintah melakukan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tersebut. Lantas baru-baru ini Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sementara layanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kebijakan ini diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Penutupan layanan tersebut berlaku di Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot serta SIM Keliling mulai tanggal 24 Maret hingga 29 Mei.


"Iya (layanan pengurusan SIM ditutup sementara), SIM keliling juga tutup," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Kamis (26/3). Sambodo juga menerangkan bahwa pihaknya akan memberikan dispensasi kepada masyarakat untuk yang masa berlaku SIM-nya akan habis dalam waktu yang disebutkan itu.

Maka masyarakat bisa mengurus SIM setelah kurun waktu tutupnya layanan pembuatan dan perpanjangan SIM tersebut berakhir. "Perpanjangan SIM bisa dilakukan setelah 29 Mei," ungkap Sambodo.

Lebih lanjut, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memberikan dispensasi kepada masyarakat yang menjalani karantina karena terpapar virus corona. Dispensasi tersebut berupa kelonggaran dengan melakukan perpanjangan SIM setelah dinyatakan sehat.

Kendati demikian, Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin menerangkan bahwa masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM setelah tanggal 30 Maret. "Yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat masa karantina, maka dapat melakukan proses perpanjangan SIM (bukan proses SIM baru) setelah dinyatakan sehat," ungkap Lalu pada Senin (23/3).

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts