Birthday Spotlight: Happy Kim Jong Kook Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas tentang Kim Jong Kook yang Berulang tahun pada hari ini, Sabtu, 25 April. Bintang 'Running Man' ini berusia 44 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas perjalanan karier penyanyi tampan Kim Jong Kook yang berulang tahun tepat pada hari ini, Sabtu (25/4).

Penggemar variety show populer "Running Man" pasti sudah tidak asing dengan sosok Kim Jong Kook. Pria 44 tahun ini mengawali kariernya sebagai penyanyi pada tahun 1995 sebagai personel duo grup yang bernama Turbo. Saat promosi sebagai member Turbo, Kim Jong Kook pernah menjadi idol paling populer dan sukses menjual jutaan album di Korea Selatan dan Asia.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Kim Jong Kook sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Kim Jong Kook lahir pada 25 April 1976 di Hapcheon, Korea Selatan. Dia berasal dari keluarga kaya dan dikenal sebagai Prince of Hapcheon karena keluarganya memiliki banyak toko dan bisnis di Hapcheon. Ia menempuh pendidikan di SD Myeong Hak, Sekolah Menengah Shin Seong lalu melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Hansei. Tak hanya itu, sebab Kim Jong Kook juga melanjutkan kuliah pascasarjana di Universitas Dankook dengan gelar Master dari Pop Culture Performing Arts - School of Arts Department.

Meskipun terlahir dari keluarga kaya, Kim Jong Kook rupanya sempat menjalani hidup susah sebelum debut tepatnya saat ia masih menjadi trainee. Sang ibu tidak menyukainya berlatih menjadi penyanyi karena hal itu membuatnya tidak belajar sama sekali. Atas dasar itulah ibu Kim Jong Kook tak memberinya uang sama sekali agar putranya menyerah menjadi trainee.

Kim Jong Kook pernah mengungkap bagaimana kehidupan sulitnya saat menjadi trainee di salah satu episode "My Ugly Duckling". Hal ini ia ungkapkan saat mengenang masa lalunya sebelum debut bersama anggota Turbo lainnya, Kim Jung Nam.

"Kami makan dengan uang 2 ribu won. Jika aku tidak memiliki 2 ribu won saat itu, aku akan kelaparan seharian. Setiap kali kami pergi latihan, dia kerap membelikanku makanan, jika dia memiliki 2 ribu won, kami memesan sup kimchi dan satu mangkuk nasi yang kita makan berdua. Selama sembilan bulan kami selalu makan seperti itu. Saat aku tidak memiliki uang, aku membeli roti kacang dan memakan setengahnya lalu kami berbagi. Tapi jika tidak ada Kim Jung Nam, aku pasti tidak bisa makan dan akan kelaparan saat latihan seharian," ujar Kim Jong Kook saat itu.

2. Debut


Debut

Kim Jong Kook pertama kali memasuki industri musik Korea pada tahun 90-an bersama Kim Jung Nam sebagai duo grup yang bernama Turbo. Kim Jung Nam bertanggung jawab untuk bagian rap dan koreografi, sedangkan Kim Jong Kook mengurusi bagian vokal. Mereka kemudian meluncurkan album pertama yang berjudul "280 km/h speed" pada bulan Agustus 1995.

Setahun setelah debut, Turbo merilis album keduanya yang berjudul "New Sensation" yang terjual hingga 800 ribu copy dalam dua bulan pertama. Namun kesuksesan mereka tak bertahan lama sebab Turbo terlibat konflik panas dengan manajemen. Mereka bahkan menjauh dari publik hingga diselidiki polisi.

Publik yang terlanjur mencintai Turbo meminta mereka untuk kembali. Namun Kim Jung Man memutuskan keluar dari Turbo karena tak tahan dengan manajemen, sehingga Turbo hanya menyisakan Kim Jong Kook. Pada Mei 1997, Turbo menyelenggarakan audisi untuk mencari anggota baru yang diikuti oleh 3.500 pelamar.

Audisi itu dimenangkan oleh seorang penduduk California bernama Mikey (Jo Myung Ik) yang memiliki keterampilan rap dan mampu berbahasa Inggris dengan baik. Pada Oktober 1997, Turbo merilis album baru dengan anggota baru yang berjudul "New Sensation".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Setelah Mikey bergabung, Turbo mengalami berbagai kesuksesan luar biasa karena setiap albumnya berhasil terjual hingga lebih dari satu juta copy. Bahkan di tahun 1998, mereka berhasil terpilih sebagai salah satu artis terbaik karena lagu "X: The Greatest Love".

Namun kesuksesan Kim Jong Kook bersama Turbo tak bertahan lama. Sebab mereka bubar pada tahun 2000 setelah merilis album kelima. Kim Jong Kook meninggalkan agensi karena kontraknya yang telah habis. Di sisi lain, Mikey juga kembali ke New York karena masa berlaku visanya telah berakhir.

Meski demikian, Turbo kembali tampil dengan formasi lengkap pada 21 Desember 2015. Kim Jong Kook, Kim Jung Nam dan Mikey tampil sebagai grup di album keenam. Mereka bahkan menggelar beberapa konser untuk menebus kerinduan penggemar.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Aktivitas solo Kim Jong Kook dimulai setelah Turbo bubar. Meski pada awalnya karier Kim Jong Kook mengalami kemerosotan besar, ia berhasil membuat comeback luar biasa lewat album kedua yang berjudul "Good Sunday".

Album ketiganya tak kalah populer karena ia berhasil menjual lebih dari 300 ribu copy dan menjadi salah satu album paling sukses di Korea saat itu. Selain itu, single-nya yang berjudul "Lovable" juga selalu menduduki posisi teratas di tangga lagu.

Pada tahun 2005, Kim Jong Kook berhasil menjadi orang kesepuluh yang populer di industri Korea Selatan. Dia juga sukses menyapu tiga penghargaan utama atau Daesang dari tiga stasiun TV utama di Korea. Ia menjadi artis kedua yang mencapai prestasi membanggakan tersebut sejak Cho Yong Pil pada tahun 1980-an.

Setelah itu perjalanan karier solonya berjalan dengan sangat lancar. Pada tahun 2006, Kim Jong Kook mulai melaksanakan wajib militer. Meskipun tidak melakukan promosi, namun album barunya berhasil terjual hingga 100 ribu copy.

Sekembalinya dari militer Kim Jong Kook mulai merambah ke dunia variety show. Ia menjadi anggota tetap dari program SBS "Family Outing" yang merupakan bagian dari "Good Sunday". Pada tahun 2010, Kim Jong Kook mulai membintangi "Running Man". Peran aktifnya di "Running Man" membuat namanya semakin melambung dan populer.

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama berkarier di dunia hiburan, Kim Jong Kook pernah terlibat beberapa kontroversi. Khususnya yang berhubungan dengan masalah asmara. Pada tahun 2005, merebak rumor kencan antara Kim Jong Kook dengan aktris cantik Yoon Eun Hye karena sama-sama membintangi variety show populer "X-Man". Keduanya sering dijodoh-jodohkan dan gosip pacaran mereka sering muncul di berbagai pemberitaan.

Rumor tersebut bahkan masih bertahan hingga kini. Baik Kim Jong Kook maupun Yoon Eun Hye sering mendapat pertanyaan soal rumor tersebut saat tampil di layar kaca. Kim Jong Kook pun masih sering tersipu malu saat orang-orang membahas rumor tersebut. Namun saat hadir di "Radio Star" belum lama ini, Yoon Eun Hye kembali memberikan klarifikasi bahwa dirinya tak pernah menjalin hubungan asmara dengan Kim Jong Kook. Hubungan mereka hanya sebatas teman dekat dan rekan kerja.

Selain dengan Yoon Eun Hye, Kim Jong Kook juga beberapa kali dirumorkan berpacaran dengan Song Ji Hyo karena kedekatannya di "Running Man". Meski demikian, baik Song Ji Hyo dan Kim Jong Kook selalu menanggapinya dengan santai. Bahkan mantan PD utama "Running Man" yakni Jung Chul Min juga ikut menepis rumor tersebut karena menganggap kedekatan mereka wajar adanya.

Selain masalah asmara, Kim Jong Kook juga pernah mengalami pengalaman tak mengenakkan dari tim produksi "Running Man". Pada akhir 2016 lalu, "Running Man" memecat Kim Jong Kook dan Song Ji Hyo secara sepihak. Keputusan itu sempat membuat keduanya sangat terpukul, Song Ji Hyo bahkan sampai mengurung diri dan terus menangis.

Akibatnya, "Running Man" terus mendapat banyak kecaman dari netizen dan ratingnya mengalami penurunan. Setelah itu kru minta maaf dan menyatakan akan menghentikan penayangan "Running Man". Namun tiba-tiba mereka menarik keputusan untuk mengakhiri "Running Man" dan akan melanjutkan tayangan bersama enam member saat itu yakni Kim Jong Kook, Song Ji Hyo, Lee Kwang Soo, Yoo Jae Seok, Ji Suk Jin dan Haha.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Kim Jong Kook saat ini tengah disibukkan dengan aktivitasnya syuting beberapa variety show. Mulai dari "Running Man", "My Ugly Duckling" hingga "I Can See Your Voice".

Karena wabah yang terjadi saat ini, belum diketahui aktivitas apa yang akan dilakukannya di masa depan. Nah, jika kamu penasaran Kim Jong Kook akan terlibat proyek apa di masa depan, pantau terus WowKeren untuk mengikuti perkembangan terbarunya ya.

You can share this post!

Related Posts