Sering Merasa Lelah Saat Berpuasa? Lakukan 7 Cara Mudah Ini Untuk Mengatasinya
Health
Puasa Di Tengah Corona

Tubuh cenderung mudah lelah saat sedang berpuasa. Agar bisa tetap beraktivitas dengan normal, sebaiknya lakukan tujuh cara mudah ini untuk mengatasinya.

WowKeren - Saat berpuasa, tubuh kita cenderung terasa lebih lelah di siang hari. Hal ini disebabkan karena pola tidur yang berubah dan kurangnya asupan nutrisi yang diterima tubuh di siang hari. Akibatnya, kita cenderung bermalas-malasan dan menjadi kurang produktif. Beberapa orang bahkan memilih untuk tidur saja hingga waktu berbuka tiba.

Nah, apa kamu juga mengalami masalah satu ini? Jika iya, sebaiknya jangan jadikan rasa lelah di siang hari menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas harian, apalagi sampai kurang maksimal dalam bekerja.


Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengatasi rasa lelah itu sesegera mungkin agar bisa tetap produktif selama berpuasa. Penasaran seperti apa caranya? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab rasa lelah saat berpuasa adalah karena kurangnya cairan yang diterima tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan cairan harian agar tubuh tetap terhidrasi sehingga tubuh tidak mudah lelah meski sedang berpuasa.

Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5 - 2 liter per hari atau minimal delapan gelas sehari. Untuk mencapai target itu, kamu bisa menerapkan pola 2-4-2. Pertama minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Selain itu, usahakan pula untuk meminum air putih hangat karena lebih nyaman dan sehat untuk tubuh.

2. Atur Pernafasan


Atur Pernafasan

Kamu mungkin bertanya-tanya apa kaitan antara mengatur pernafasan dengan mengatasi rasa lelah dan lemas saat berpuasa. Perlu diketahui bahwa kualitas oksigen yang masuk ke dalam sistem pernafasan dan kemampuannya untuk mengeluarkan karbon dioksida sangat penting bagi kesehatan sel tubuh.

Semakin dangkal kamu bernafas, maka semakin sedikit pula oksigen yang mencapai sel, otak dan jantung. Akibatnya, berbagai organ tubuh akan mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsinya secara optimal. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang kelelahan karena rendahnya energi dalam tubuh.

Karena itu, cobalah untuk mengatur pernafasan kapanpun kamu merasa lelah saat puasa. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam melalui hidung, lalu buang secara perlahan melalui mulut. Meskipun terdengar sepele, aktivitas satu ini mampu meningkatkan kekuatan tubuhmu loh.

3. Atur Pola Tidur


Atur Pola Tidur

Selain mengatur pernafasan, kamu juga harus mengatur pola tidur dengan baik agar tak mudah lelah saat puasa. Di bulan Ramadan, jam tidur cenderung berantakan karena kita harus bangun dini hari untuk makan sahur. Meski demikian, usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur harian selama 7-9 jam setiap harinya.

Untuk menyiasatinya, cobalah tidur lebih awal saat malam karena kamu harus bangun lebih dini untuk makan sahur. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk tidur siang guna mengganti kebutuhan tidur yang kurang di malam hari. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah lelah saat sedang berpuasa di siang hari.

4. Jaga Asupan Makan


Jaga Asupan Makan

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah menjaga asupan makan. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka. Usahakan juga untuk makan dengan porsi wajar dan tidak berlebihan. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks karena proses pencernaannya berjalan dengan lambat dan kita bisa menghemat energi.

Usahakan juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. Makanan jenis ini bisa membuat energi bertahan lebih lama di tubuh sehingga kita tidak mudah merasa lelah.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan berbahan baku tepung dan mengandung kadar gula yang tinggi. Hal ini dikarenakan makanan tersebut bisa memicu produksi glukosa berlebih yang bisa membuat kita mudah lelah.

5. Konsumsi Vitamin Atau Suplemen


Konsumsi Vitamin Atau Suplemen

Untuk mengatasi rasa lelah selama berpuasa, ada baiknya untuk mengkonsumsi vitamin maupun suplemen penambah energi. Terlebih kita saat ini sedang berpuasa di tengah wabah virus Corona, sehingga penting untuk menjaga sistem imun agar lebih kebal terhadap penyakit.

Kandungan di dalam vitamin dan suplemen bisa membuat tubuh tidak mudah lelah, lesu dan lemas meski kamu harus bekerja seharian saat berpuasa. Selain vitamin dalam bentuk tablet, kamu juga bisa mendapatkannya dari beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 dan B12. Di antaranya adalah bayam, pisang, kentang manis, daging sapi, ikan tuna, salmon, telur, olahan susu dan sebagainya.

6. Tetap Berkegiatan Secara Wajar


Tetap Berkegiatan Secara Wajar
Image Credit: RatedRadarDetector.org

Kelelahan saat puasa bukan halangan untuk tetap berkegiatan secara normal. Pasalnya kamu bisa mengabaikan rasa lelah saat berpuasa dengan tetap menjalankan aktivitas normal seperti biasanya.

Karena itu, kamu bisa tetap bekerja atau belajar seperti biasa, membaca buku, bermain di dalam ruangan, beribadah dan lain sebagainya. Meski demikian, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat di siang hari agar tubuh tidak semakin kelelahan.

7. Lakukan Olahraga Ringan


Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga juga bisa mengalihkan perhatian kita pada tubuh yang terasa lelah saat puasa. Berolahraga bahkan bisa menjadi salah satu cara tercepat agar tubuh bisa bernafas lebih dalam. Jika dilakukan dengan benar, olahraga bisa memberi dorongan energi alih-alih membuat tubuh menjadi lelah.

Agar tidak terlalu menguras tenaga saat berpuasa, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Ada tiga waktu terbaik untuk berolahraga saat berpuasa. Pertama, 20-30 menit menjelang buka puasa, kedua setelah berbuka puasa dan yang ketiga adalah setelah sahur.

Demikian tujuh cara untuk mengatasi rasa lelah yang sering timbul saat berpuasa. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips agar tubuh tetap bugar selama puasa. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama berpuasa di tengah wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts