Cegah Bayi Lahir Cacat Hingga Atasi Insomnia, Ini 8 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Ibu Hamil
pxhere.com
Health

Berbagai nutrisi penting yang ada di dalam daun kelor memiliki sejumlah manfaat untuk ibu hamil. Penasaran apa saja khasiatnya? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Masa kehamilan menjadi salah satu momen penting bagi setiap wanita. Di masa ini, penting untuk menjaga kesehatan fisik dan emosional agar ibu tetap sehat dan bayi bisa lahir dengan selamat. Misalnya dengan memperhatikan asupan nutrisi dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan tumbuh kembang janin.

Ada banyak sekali jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya adalah daun kelor. Tanaman satu ini mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, kalsium, kalium, protein hingga zat besi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda selama hamil. Tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Agar Anda lebih bersemangat mengkonsumsinya, tim WowKeren akan menunjukkan beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan ibu hamil. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
pixabay.com

Saat hamil, para wanita akan mengalami penurunan energi sehingga tubuh akan mudah lelah. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh senantiasa berusaha menjaga janin, sehingga Anda menjadi sering letih, lesu hingga terserang anemia. Karena itu, penting untuk meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh agar Anda bisa beraktivitas dengan baik tanpa terlalu lelah.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi daun kelor yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nutrisi ini berperan untuk mencegah kerusakan sel sekaligus menjaga tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah lelah. Terlebih di tengah pandemi Corona dan musim hujan seperti saat ini, penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar Anda tidak mudah terjangkit virus dan terserang penyakit.

2. Mencegah Bayi Lahir Cacat


Mencegah Bayi Lahir Cacat
pxhere.com

Ada banyak faktor yang membuat bayi terlahir cacat, di antaranya karena riwayat keturunan, masalah DNA hingga kondisi kehamilan yang buruk. Untuk mencegah kondisi ini, Anda bisa mulai mengkonsumsi daun kelor yang mengandung polifenol, favonoid serta asam askorbat.

Ketiga bahan tersebut mampu mencegah terjadinya kerusakan pada DNA yang dapat menyebabkan janin mengalami kecacatan sejak dalam kandungan. Yang tak kalah menarik, daun kelor juga dapat menurunkan risiko kerusakan organ pada ibu selama masa kehamilan maupun setelah proses persalinan.

3. Menjaga Kesehatan Otak Saat Hamil


Menjaga Kesehatan Otak Saat Hamil
pxhere.com

Menjaga kesehatan otak selama masa kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ibu hamil kerap mengalami perubahan emosi seperti mood swing, rasa takut yang berlebihan, cemas, mudah lupa dan masih banyak lagi. Kondisi ini terkadang tidak langsung berhenti setelah melahirkan, sebab sebagian wanita bisa mengalami baby blues syndrome atau depresi pasca persalinan.

Demi mengurangi risiko tersebut, ada baiknya untuk mulai mengkonsumsi daun kelor selama hamil. Pasalnya tanaman satu ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin E dan C yang dapat mencegah penurunan fungsi dan syarat otak. Dengan begitu, kesehatan otak Anda akan senantiasa terjaga dan Anda tidak mudah mengalami perubahan suasana hati.

4. Meringankan Pembengkakan


Meringankan Pembengkakan
pxhere.com

Ibu hamil tua biasanya akan mengeluhkan pembengkakan yang terjadi pada tubuhnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mulai mengkonsumsi daun kelor yang terbukti dapat menghambat perkembangan edema. Edema sendiri merupakan kondisi membengkaknya jaringan tubuh karena penumpukan cairan.

Sebuah penelitian dari Dakar Medical menyatakan bahwa pengobatan dengan ekstrak daun kelor yang memiliki sifat anti inflamasi dapat menghambat perkembangan edema secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa ekstrak kelor setara dengan obat anti inflamasi yang manjur seperti indometasin.

5. Meredakan Gangguan Perut


Meredakan Gangguan Perut
pexels.com/Polina Zimmerman

Ibu hamil kerap mengalami gangguan perut yang menyakitkan seperti sembelit, kolitis ulserativa dan gastritis. Gangguan ini dapat diredakan dengan senyawa isothiocyanates yang terkandung di dalam daun kelor. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun kelor bahkan dapat dijadikan sebagai alternatif herbal yang efektif untuk berbagai antasida dan antihistamin.

Yang tak kalah menarik, daun kelor juga bisa menjaga kesehatan lambung ibu hamil yang kerap menurun karena morning sickness. Sifat menenangkan yang dimilikinya baik untuk kesehatan lambung, sehingga Anda tidak perlu mengalami mual dan muntah yang berlebihan.

6. Menurunkan Risiko Kanker


Menurunkan Risiko Kanker
pexels.com/Anna Tarazevich

Kanker dikenal sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pencegahan sejak dini, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi daun kelor. Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki sifat kemopreventif yang sering dikaitkan dengan keberadaan fenolik quercetin dan kaempferol. Senyawa ini berperan untuk mematikan dan mencegah sel kanker berkembang biak.

Dalam penelitian lain, senyawa bioaktif niazimicin di dalam daun kelor terbukti dapat menahan perkembangan sel kanker. Bahkan ekstraknya dapat memberikan efek kemo modulasi yang dapat mencegah pertumbuhan berbagai jenis kanker, ternasuk kanker ovarium, genesis papiloma kulit hingga karsinogenesis hati. Cara kerjanya adalah dengan menghambat proliferasi sel kanker ganas serta menginduksi apoptosis.

7. Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional yang Biasa Menyerang Kehamilan


Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional yang Biasa Menyerang Kehamilan
pxhere.com

Salah satu kondisi yang umum terjadi saat hamil adalah diabetes gestasional. Kondisi ini dapat mempengaruhi tingkat kadar gula darah, sehingga membuat Anda mengalami kehamilan yang buruk dan janin tidak bisa tumbuh dengan sehat.

Untuk mengurangi risiko ini, Anda bisa mulai mengkonsumsi daun kelor. Daun ini akan bekerja secara efektif untuk mengurangi kadar lipid dan kadar gula dalam darah. Akibatnya, kerusakan metabolisme dan sel dapat dicegah lebih dini dan Anda bisa terhindar dari diabetes gestasional.

8. Mengatasi Insomnia


Mengatasi Insomnia
pexels.com/Andrea Piacquadio

Keluhan lain yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah insomnia. Kondisi ini dapat terjadi karena menurunnya kesehatan ibu hamil dan perubahan tubuh yang sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Akibatnya, ibu hamil kerap kesakitan dan kesulitan tidur di malam hari.

Dalam hal ini, daun kelor dapat mengatasi insomnia sekaligus menjaga kualitas tidur. Khasiat ini didapat dari asam amino di dalamnya yang dapat menjaga syaraf menjadi lebih baik dan ringan, sehingga Anda lebih mudah beristirahat di malam hari.

Demikian delapan manfaat daun kelor untuk kesehatan ibu hamil yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai tips melahirkan di tengah pandemi Corona. Dan bagi Anda yang menanti kelahiran anak pertama, sebaiknya simak tips ini untuk mengetahui cara mempersiapkan diri menjadi ayah baru.

You can share this post!

Related Posts