Angka COVID-19 Naik Terus, Depok Bakal Tetap Terapkan PJJ Semester Depan
Nasional

Kota Depok akan tetap menggelar melangsungkan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 mendatang karena kasus COVID-19 di wilayahnya masih tinggi.

WowKeren - Pemerintah telah mengizinkan agar sekolah kembali menggelar pembelajaran tatap muka pada Januari 2021 mendatang. Namun, Depok memutuskan untuk tetap melangsungkan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.

Bahkan, pembelajaran di pondok pesantren yang sebelumnya sudah diperbolehkan secara tatap muka/langsung, juga tengah dipertimbangkan agar beralih ke metode virtual. "Ya, begitu (tetap PJJ mulai Januari 2021). Saat ini kami juga sedang mengkaji terkait dengan pendidikan di pesantren," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana, Jumat (18/12).

Alasan mengapa keputusan tersebut diambil karena kasus COVID-19 di Depok masih terus melonjak sejak pekan kedua November hingga sekarang. Kini, pasien COVID-19 di Depok mencapai jumlah terbanyak sejak pandemi melanda pada Maret lalu, dengan 2.787 pasien per data terbaru kemarin.


"Kami dengan melihat tren kasus saat ini sudah mengkaji dan sudah dirapatkan dengan Disdik dan stakeholder organisasi pendidikan. Memang ada yang ingin (sekolah) dibuka, ada juga yang ingin tidak dibuka, tapi dasar kami adalah data dan fakta," jelas Dadang. "Karena kasus tinggi, kami menghindari klaster penularan (COVID-19) di sekolah, karena anak-anak mungkin kuat ketika terpapar, tapi akan menjadi carrier (pembawa virus) menularkan kepada yang lainnya."

Sementara itu, menurut peta penyebaran COVID-19 disebutkan ada delapan daerah yang dinyatakan zona merah (risiko tinggi) di Jawa Barat. Sedangkan zona oranye (risiko sedang) ada 13 kabupaten/kota dan 6 daerah zona kuning (risiko rendah).

Jumlah zona merah ini bertambah 2 daerah dibandingkan pekan sebelumnya. Adapun daerah yang masuk dalam zona merah adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Depok, dan Kota Cimahi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait