Hebat! UMM Jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia 2021 Versi UniRank
Nasional

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menempati posisi pertama sebagai kampus islam terbaik dunia di tahun 2021 versi uniRank mengalahkan Iran University of Science and Technology dan Cairo University.

WowKeren - Direktori pendidikan global dan mesin pencari peringkat universitas dunia uniRank telah merilis daftar kampus islam terbaik di tahun 2021. Dalam daftar tersebut, ada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menempati peringkat pertama.

Bahkan UMM berhasil mengalahkan Iran University of Science and Technology di posisi kedua serta Cairo University di posisi ketiga. Tak hanya itu, ada sejumlah kampus Indonesia lain yang ternyata menempati posisi di peringkat 10 besar.

Seperti, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di posisi keempat, Universitas Muhammadiyah Surakarta di peringkat delapan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang peringkat kesembilan, dan Universitas Islam Indonesia di posisi kesepuluh. Adapun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menduduki posisi ke-12 dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta di posisi ke-17.


Dalam memilih kampus terbaik, uniRank menggunakan berbagai kriteria, yakni:

  1. Mendapat akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk Kementerian Pendidikan di suatu negara.
  2. Menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral).
  3. Memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka.

"Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga (ulasan) non-akademik dari universitas islam terbaik dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, tidak dipengaruhi (siapa pun), dan sumber web independen dari data yang dikirim oleh universitas itu sendiri," tulis uniRank. Adapun peringkat lengkap kampus Islam terbaik dunia versi uniRank dapat dicek di situs resminya yaitu www.4icu.org.

Setiap tahunnya, uniRank menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.800 universitas dan perguruan tinggi yang diakui secara resmi di 200 negara. Peringkat didasarkan pada algoritme yang mencakup 5 metrik web independen dari 4 sumber web berbeda: Moz Domain Authority; Alexa Global Rank; SimilarWeb Global Rank; Majestic Referring Domains; dan Majestic Trust Flow.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait