Pelajar yang Lakukan Ini Tak Akan Dapat Bantuan Kuota Kemendikbud Periode Maret-Mei 2021
Unsplash/Thomas Park
Nasional
Sekolah di Tengah Corona

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, seluruh siswa atau guru yang telah menerima bantuan kuota internet pada periode November-Desember 2020 akan kembali mendapatkan bantuan di periode berikutnya.

WowKeren - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan bantuan kuota internet untuk periode Maret-Mei 2021. Pasalnya, tahun lalu kebijakan tersebut mendapat tanggapan yang sangat positif dari masyarakat.

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, seluruh siswa atau guru yang telah menerima bantuan kuota internet pada periode November-Desember 2020 akan kembali mendapatkan bantuan di periode berikutnya. Namun, ada sejumlah penerima periode November-Desember 2020 yang tidak akan mendapatkan bantuan di periode Maret-Mei 2021.

"Kecuali bagi yang kemarin diberikan tetapi penggunaannya di bawah 1 GB, artinya memang tidak digunakan data yang diberikan (mungkin) dengan berbagai macam alasan," ungkap Nadiem dalam konferensi pers pada Senin (1/3).

Nadiem menjelaskan ketentuan tersebut dibuat agar penerima bantuan kuota internet lebih tepat sasaran. Selain itu, ketentuan tersebut juga dibuat berdasarkan evaluasi program bantuan kuota internet Kemendikbud tahun lalu.


Penggunaan kuota di bawah 1 GB disebut menjadi indikasi bahwa sang penerima tidak membutuhkan bantuan kuota yang baru. "Karena itu adalah indikasi dari kita, mereka tidak membutuhkan kuota tersebut," tegas Nadiem.

Sementara itu, bagi siswa atau guru yang belum pernah mendapatkan bantuan kuota internet di periode tahun lalu dapat melapor ke pimpinan satuan pendidikan sebelum April 2021. Selain itu, penerima yang telah mendapat bantuan kuota internet periode November-Desember 2020 namun kini mengganti nomor ponsel juga diimbau untuk melapor.

Nantinya, mereka baru akan mendapatkan kuota pada April 2021. "Bagi yang nomornya berubah atau yang belum menerima bantuan kuota belajar sebelumnya, mereka hanya akan bisa menerima kuota belajar di April 2021, tidak bisa di bulan Maret 2021," terang Nadiem.

Adapun bantuan ini siap disalurkan mulai 11-15 Maret 2021. Bantuan kali ini juga lebih fleksibel dalam mengakses seluruh laman kecuali yang memang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kendati demikian, kuota ini tetap dibatasi sehingga tidak bisa dipakai untuk mengakses hal di luar pendidikan seperti game dan beberapa media sosial.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts