Menag Imbau Warga di Zona Merah dan Oranye Salat Tarawih di Rumah
Unsplash/afiq fatah
Nasional
Ramadhan 2021

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau warga yang berada di zona merah dan oranye untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah. Berikut penuturan lengkapnya.

WowKeren - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat yang berada di zona merah dan oranye untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di rumah. Ia mengingatkan bahwa tarawih di masjid hanya boleh dilakukan oleh warga yang tinggal di zona hijau dan kuning dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Sesuai dengan Surat Edaran (SE) nomor 4 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442H/2021M, karena Ramadan tahun ini masih dalam situasi pandemi, segala bentuk aktivitas ibadah selama Ramadan harus tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Yaqut dalam jumpa pers daring penentuan 1 Ramadan 1442 H, Senin (12/4).

Dia melanjutkan, "Jadi akan ada pembatasan seperti pembatasan kapasitas. Tapi aturan ini (pembatasan) tidak berlaku di zona merah dan oranye untuk melakukan amaliyah secara massal. Jadi bagi mereka yang berada di zona itu, harap beribadah di rumah saja."

Menurut Yaqut, aturan tersebut perlu diperhatikan untuk meminimalisir penularan virus Corona serta agar masyarakat dapat beribadah dengan baik. "Hal ini untuk melindungi kita semua agar selama pandemi kita bisa beribadah dengan tenang dengan baik," imbuhnya.


Sementara bagi mereka yang berada di zona kuning dan hijau, tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama menjalankan ibadah di masjid. Selain itu, jumlah peserta ibadah juga dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas yang disediakan.

Lebih lanjut, Yaqut meminta masyarakat untuk memperbanyak kebaikan di bulan suci Ramadan ini. Misalnya menjadikan momen ini dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan dengan sesama warga Indonesia.

"Sebaliknya, mereka yang masih suka berbuat kejahatan dan keburukan, diseru untuk berhenti dan introspeksi diri. Ramadan adalah kesempatan untuk menata diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi," sambungnya.

"Marhaban Ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa. Taqabbalallahu minna waminkum, shiyamana wa shiiyamakum. Semoga Allah menerima ibadah puasa, dan mengabulkan segala doa kita," pungkasnya.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts