Pembangunan di Solo Terbaik Kedua Se-Jateng, Begini Respon Gibran
Instagram/gibran_rakabuming
Nasional

Gibran Rakabuming Raka menanggapi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diterima Kota Solo pada Rabu (14/4). Seperti apa penuturan lengkapnya?

WowKeren - Pada Rabu (14/4), Kota Solo menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan kepada tiga kota dan tiga kabupaten terbaik di Jawa Tengah (Jateng).

Sebagai informasi, PPD merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Penilaiannya didasarkan pada dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) beserta proses penyusunannya. Selain itu, penilaian juga dipertimbangkan dari pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan oleh masing-masing daerah.

Tiga kota yang menerima penghargaan adalah Kota Semarang, Kota Solo dan Kota Magelang. Sedangkan untuk kabupaten peraih penghargaan adalah Kabupaten Pati, Kabupaten Banyumas serta Kabupaten Pekalongan.

Kendati demikian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku belum puas terhadap raihan tersebut. Karena selama masih belum menempati posisi pertama, Kota Solo masih perlu meningkatkan pembangunan.


"Cuma juara dua. Juara satunya Semarang. Nanti kita perbaiki lagi. Kita evaluasi lagi," kata Gibran dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (15/4).

Gibran juga yakin Kota Solo bisa meraih posisi pertama di tahun selanjutnya karena hanya selisih 1 poin dengan Semarang. "Ya ini jadi cambuk untuk kita bekerja lebih keras lagi," imbuh putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Gibran juga mengapresiasi Wali Kota sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo (Rudy). Pasalnya, penilaian penghargaan ini dilakukan pada tahun 2020 di bawah kepemimpinan Rudy. "Itu Pak Rudy. Saya kan cuma menerima saja," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan pentingnya bagi setiap kota atau kabupaten untuk memiliki perencanaan yang matang saat menghadapi pandemi virus Corona. Sebab menurutnya percepatan proyek-proyek strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi perlu segera dilakukan.

Ganjar menjelaskan, "Kita perkuat sinergi antara pusat, provinsi dan daerah untuk pemulihan ekonomi ini. Kita lakukan terobosan baru yang inovatif untuk peningkatan pendapatan."

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait