Kemenkes Siapkan Strategi Dalam Mencapai Target 1 Juta Orang Vaksinasi COVID-19 Per Hari
pexels.com/RF._.studio/Ilustrasi
Nasional

Presiden Jokowi telah memberi target agar bisa melakukan vaksinasi COVID-19 satu juta orang per harinya pada Juli mendatang. Menanggapi hal tersebut, Kemenkes telah memiliki strategi untuk bisa mencapai target.

WowKeren - Vaksinasi massal COVID-19 saat ini tengah dilaksanakan oleh setiap negara dunia agar bisa segera mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity. Maka dari itu, masing-masing negara berlomba-lomba dalam menyediakan stok vaksin COVID-19.

Vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu upaya dalam menangani pandemi. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia saat ini juga tengah giat-giatnya mengejar target jumlah vaksinasi kepada masyarakat agar bisa segera mencapai herd immunity.

Adapun strategi pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yakni melalui kerja sama dengan semua pihak. Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan target 1 juta orang divaksin per harinya mulai Juli mendatang.

"Pelibatan swasta, BUMN, organisasi rumah sakit, profesi, TNI dan Polri, serta organisasi masyarakat untuk memperbanyak sentra atau pos vaksinasi," tutur Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara (Jubir) vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Rabu (23/6).


Lebih lanjut, Kemenkes juga bakal mempersiapkan vaksinator yang lebih banyak, serta meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengikuti program vaksinasi COVID-19. "Kita akan memobilisasi dan menambah tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi untuk memberikan penyuntikan dan melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi," terangnya.

Nadia mengungkapkan sejauh ini provinsi yang telah mencapai target vaksinasi COVID-19 adalah DKI Jakarta dan Bali. Sementara jumlah vaksinasi secara nasional per Rabu (23/6) pukul 12.00 WIB, telah mencapai 24.358.856 orang untuk dosis pertama. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua telah mencapai 12.640.041 orang.

Sebelumnya, Jubir vaksinasi COVID-19 PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan bahwa pihaknya optimis bisa mencapai target yag diberikan oleh Jokowi. Menurutnya, stok vaksin COVID-19 yang dimiliki Indonesia mencukupi dalam mencapai target penyuntikan 1 juta dosis per harinya.

Bambang mengatakan saat ini pemerintah dan Sinovac telah berkomitmen untuk kembali mendatangkan vaksin COVID-19 sebanyak 260 juta dosis. Kemudian, ada juga 11 juta dosis vaksin AstraZeneca dari jalur multilateral dengan COVAX Facility, 50 juta dosis vaksin AstraZeneca jalur bilateral, dan 50 juta dosis vaksin Novavax.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait