PPKM Darurat Berakhir Hari Ini, Tak Jadi Diperpanjang?
Twitter/TMCPoldaMetro
Nasional

Isu perpanjangan masa PPKM Darurat sebelumnya telah ramai diperbincangkan karena kasus COVID-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

WowKeren - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berakhir pada Selasa (20/7) hari ini. Namun pemerintah masih belum mengumumkan apakah PPKM Darurat akan diperpanjang atau tidak.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Hermawan Saputra, lantas menyarankan agar PPKM Darurat tak diperpanjang. Pasalnya, Hermawan menilai kebijakan tersebut tidak efektif.

Menurutnya, pemerintah lebih baik kembali mengacu pada Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018. "Seharusnya kita mengembalikan kepada UU itu sebagai acuan utama dan menjadi krusial ketika PPKM Darurat dinilai tidak efektif," jelas Hermawan kepada CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Hermawan menyoroti PPKM Darurat tidak memberi jaminan kebutuhan pada msayarakat rentan. Meski pemerintah telah menyediakan program bantuan sosial, namun hal tersebut tidak masuk dalam kebijakan PPKM Darurat secara resmi.


"Ini pun banyak sekali keluhan di lapangan, ini belum teralisasi padahal PPKM Darurat sudah berjalan dua pekan," lanjutnya. Sedangkan dalam UU Kekarantinaan Kesehatan diatur bahwa setiap warga berhak mendapat jaminan kebutuhan selama karantina.

Di sisi lain, isu perpanjangan PPKM Darurat sebelumnya telah ramai diperbincangkan karena kasus COVID-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bahkan sempat membocorkan bahwa PPKM Darurat akan diperpanjang hingga akhir Juli 2021.

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan oleh Bapak Presiden, dilanjutkan sampai akhir Juli," ungkap Muhadjir di DI Yogyakarta pada Jumat (16/7). "Sampai akhir Juli PPKM ini."

Meski demikian, pemerintah masih belum memberikan keputusan resmi terkait kelanjutan PPKM Darurat ini. Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, mengaku bahwa keputusan terkait kelanjutan PPKM Darurat masih dibahas.

"Belum diputuskan. Masih dibahas," ungkap Jodi kepada Kumparan, Senin (19/7) siang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru