Koridor Perjalanan Indonesia-Singapura Ditunda Usai PPKM Level 4 Diperpanjang
Unsplash/Grahame Jenkins
Nasional

Meski demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan program koridor perjalanan Singapura-Indonesia akan kembali dibuka saat situasi kondusif.

WowKeren - Situasi pandemi COVID-19 yang masih menunjukkan peningkatan kasus membuat pemerintah Indonesia memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno lantas mengumumkan bahwa pembukaan koridor perjalanan atau travel corridor arrangement (TCA) antara Indonesia dan Singapura ditunda.

Sandiaga menjelaskan bahwa program tersebut terpaksa ditunda lantaran pemerintah masih fokus menangani pandemi dengan memperpanjang PPKM Level 4. Namun Sandiaga memastikan program tersebut akan dilanjutkan saat situasi telah kondusif kembali.

"TCA dengan Singapura ditunda sementara, karena kita tahu saat ini lagi PPKM Level 4. Nanti jika situasi sudah kondusif, program ini akan kita hidupkan kembali secara cepat," jelas Sandiaga pada Senin (26/7).

Lebih lanjut, Sandiaga mengungkapkan bahwa penerimaan turis asing awalnya akan difokuskan di Bali saat TCA Indonesia-Singapura awalnya dibuka kembali. Setelah itu, Batam dan Bintan akan menyusul.


"Saat dimulai kembali akan fokus di Bali, terutama seiring dengan situasi COVID-19 yang terkendali. Batam dan Bintan terus kita persiapkan, Bintan sih segala sesuatunya sudah siap," papar Sandiaga. "Kita tunggu kesiapan Singapura untuk membuka secara trial basis. Fokusnya sekarang yang diutamakan, kesehatan dulu."

Sebagai informasi, Indonesia dan Singapura telah sepakat untuk membuka TCA sejak akhir 2020. Dengan program TCA tersebut, maka perjalanan khusus untuk kepentingan kedinasan, bisnis, bahkan pariwisata bisa kembali dibuka antar-negara.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong menyatakan bahwa orang yang telah divaksinasi COVID-19 lengkap akan segera bisa melakukan perjalanan tanpa karantina mulai September 2021 mendatang. Mereka juga bisa melakukan perjalanan tanpa harus diisolasi di rumah lagi sekembalinya dari luar negeri.

Namun orang-orang yang belum menerima vaksinasi harus tunduk pada perintah karantina meski mereka masih bisa bepergian. Wong mengatakan bahwa Singapura akan membangun koridor perjalanan dengan negara-negara yang telah berhasil mengendalikan penyebaran COVID-19 dengan baik.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait