Jokowi Pakai Baju Adat Baduy Di Pidato Kenegaraan, Sukai Desain Sederhana
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Tetua Adat Masyarakat Baduy, Jaro Saija, yang telah menyiapkan pakaian adat yang dikenakannya hari ini.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Suku Baduy kala menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR pada Senin (16/8) hari ini. Sebagai informasi, Suku Baduy berada di Kabupaten Lebak, Banten.

Jokowi tampak mengenakan telekung atau ikat kepala, baju kutung berwarna hitam, sandal hitam, dan tas selempang coklat. Dalam pidatonya, Jokowi mengungkapkan alasannya memilih mengenakan baju adat Baduy di Pidato Kenegaraan hari ini.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat Suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simple, dan nyaman dipakai," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Tetua Adat Masyarakat Baduy, Jaro Saija. Pasalnya, pakaian adat yang dikenakan Jokowi pada hari ini disiapkan oleh Jaro Saija.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada Pak Jaro Saija, Tetua Adat Masyarakat Baduy, yang telah menyiapkan baju adat ini," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut di penghujung pidatonya.


Sementara itu, pemilihan pakaian adat yang dikenakan Jokowi pada hari ini juga turut dijelaskan oleh pihak Kantor Staf Presiden (KSP). Melalui akun Twitter resminya, KSP memberikan penjelasan mengenai komponen pakaian adat Suku Baduy, mulai dari telekung, kutung, beubeur (ikat pinggang), hingga samping aros (sarung bergaris putih).

Komponen pakaian adat Baduy

Twitter/@KSPgoid

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai2 adat dan budaya suku Baduy," tulis pihak KSP pada Senin hari ini.

Sebagai informasi, Jokowi memang kerap mengenakan pakaian adat kala menyampaikan Pidato Kenegaraan. Pada tahun 2020 lalu, Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian pada tahun 2019, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada tahun 2018, Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh. Dan pada tahun 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait