Kecelakaan Maut 2 Bus TransJakarta Diduga Akibat Sopir Mengantuk, Ada yang Tewas Terjepit
transjakarta.co.id
Nasional

Sebuah bus TransJakarta dilaporkan menabrak armada lainnya di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur pada Senin (25/10). Bus yang ditabrak pun terdorong hingga 15 meter ke depan.

WowKeren - Dua buah bus TransJakarta mengalami kecelakaan maut di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur, pada Senin (25/10). "Benturan dua bus, tadi pukul 08.30 WIB," kata salah satu petugas keamanan setempat, Supriyadi, kepada Kompas.

Kecelakaan ini pun menyebabkan arus lalu lintas menuju Kampung Melayu dan Halim Perdanakusuma tersendat. Kemacetan juga terjadi sejak di Rumah Sakit Tebet, Jakarta Selatan.

Insiden maut ini dilaporkan menyebabkan beberapa orang meninggal dunia, termasuk sopir bus TransJakarta yang menabrak dari belakang. Selain itu terdapat pula 30-an orang yang menjadi korban luka dalam peristiwa ini.

"Kami masih mendata korban. Informasi awal ada 30 (orang mengalami) luka dan 3 (orang) meninggal," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di lokasi, Senin. "Kami masih data, berapa luka berat, berapa luka ringan."

Penyebab pasti kecelakaan ini memang masih dalam investigasi. Namun demikian, dugaan sementara kecelakaan terjadi karena salah satu sopir bus TransJakarta mengantuk.


"(Diduga) ngantuk, (sopir) yang belakang. Jadi tabrak yang depan," ungkap Kasi Laka Lantas Polda Metro Jaya, Kompol Eko Setio Budi Wahono.

Atas kecelakaan ini, sopir bus TransJakarta yang menabrak armada lain di depannya dikabarkan meninggal dunia dalam keadaan terjepit. "Sopirnya kendaraan yang di belakang kegencet," jelas Eko.

Dugaan penyebab lain pun disampaikan oleh Kombes Pol Sambodo selaku Dirlantas Polda Metro Jaya. Sambodo menjelaskan, sopir bus TransJakarta yang menabrak bus TransJakarta lainnya dari belakang tidak berupaya mengerem kendaraan yang dikemudikannya.

Sedangkan bus TransJakarta yang ditabrak dari belakang terdorong hingga sejauh 15 meter. Karena itulah polisi mengungkap sejumlah dugaan penyebab, termasuk rem blong.

"Ini akan kami lihat, apakah ini human error, artinya bisa saja si sopir ngantuk atau melamun dan sebagainya," terang Sambodo. "Atau bisa juga ini kerusakan pada rem blong."

Kecelakaan ini dilaporkan menyebabkan arus lalu lintas sempat tersendat, terutama selama polisi masih menangani kecelakaan yang terjadi. Seluruh penumpang di dua bus TransJakarta yang mengalami kecelakaan pun telah dievakuasi.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait