Anggota Tim Advance Umrah Positif COVID-19 Terpapar Omicron? Ini Kata Pihak Wisma Atlet
Nasional

Tim Advance Umrah itu diketahui telah berangkat ke Arab Saudi pada tanggal 23 Desember 2021 lalu untuk mengecek persiapan umrah, dan kembali ke Tanah Air pada 6 Januari 2022.

WowKeren - Sejumlah anggota Tim Advance dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dilaporkan terpapar virus corona (COVID-19) usai pulang dari Arab Saudi. Tim Advance Umrah itu berangkat ke Saudi pada tanggal 23 Desember 2021 lalu untuk mengecek persiapan umrah, dan kembali ke Tanah Air pada 6 Januari 2022.

Mereka kini tengah menjalani perawatan di Tower 5 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet. "Mereka masih COVID-19 (dalam perawatan tim medis)," ungkap Kepala Humas RSDC Wisma Atlet, Kolonel Kes Mintoro Sumego, kepada Kompas.com pada Senin (17/1).

Lantas, apakah para pasien COVID-19 yang baru kembali dari Saudi tersebut terpapar Varian Omicron? Mintoro menjelaskan bahwa pihaknya menunggu kepastian hasil whole genome sequencing (WGS) dari Kementerian Kesehatan terkait informasi tersebut.

"Hasil WGS nanti Litbang Kemenkes yang akan klarifikasi (mengumumkan)," jelas Mintoro.


Adapun para pasien COVID-19 ini disebut telah menjalani perawatan sejak sekitar tanggal 11 Januari 2022 lalu. "Sudah di Wisma Atlet sejak tanggal 11-an, saya belum ngecek persisnya," tutur Mintoro.

Sebelumnya, Ketua Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI), Syam Resfiadi mencatat belasan orang anggota Tim Advance terpapar COVID-19 sepulang dari Saudi. "Ada 13 orang itu yang saya ketahui positif Corona. Ada yang terpisah kepulangannya. Tapi sampai tadi malam sudah confirm 13 orang," ungkapnya dilansir CNN Indonesia.

Syam juga masih belum tahu apakah 13 anggota Tim Advance itu terpapar varian Omicron atau tidak. Syam hanya mengatakan gejala yang dialami anggota PPIU merupakan gejala ringan. Salah satunya yakni hanya batuk dan demam.

Di sisi lain, Syam mengklaim bahwa seluruh tim advance umrah itu telah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat selama di Saudi. Keseluruhan anggota Tim Advance Umrah diketahui berjumlah 25 orang.

Sepulangnya ke Indonesia, mereka sempat menjalani karantina di hotel selama tujuh hari. Namun setelah diketahui ada yang terpapar COVID-19, beberapa orang yang positif dipindah ke Wisma Atlet sejak pekan lalu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru