Ketum PB PGRI Ungkap Ada 193 Ribu Guru yang Lolos PPPK Belum Dapat Formasi
AP Photo/Tatan Syuflana
Nasional

Para guru yang telah lolos passing grade PPPK 2021 tampaknya hingga kini masih banyak yang belum mendapatkan formasi. Ketum PB PGRI pun lantas menyampaikan permintaannya ke pemerintah.

WowKeren - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 telah selesai digelar. Namun tampaknya masih ada PPPK yang telah dinyatakan lolos belum mendapatkan formasi.

Unifah Rosyidi selaku Ketua Umum PB PGRI mengungkapkan bahwa ada sebanyak 173 guru yang lolos seleksi PPPK 2021. Akan tetapi dari jumlah tersebut, baru 90 ribu guru yang mendapatkan Surat Keputusan (SK). Sementara 193 ribu lebih yang lulus tes passing grade masih belum mendapat formasi.

Maka dari itu, Unifah pun meminta pemerintah untuk segera mencari jalan keluar. Menurutnya, pemerintah pusat dan pemda saat ini saling lempar tanggung jawab terkait nasib para guru.

"Pemerintah pusat dan daerah harus segera bertanggung jawab. Di sini kita harus akan tetap memperjuangkan," ujar Unifah dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5).


Unifah lantas menyoroti konsistensi pemerintah dalam program 1 juta Program PPPK Guru. Menurutnya, masalah yang paling dikeluhkan dari para guru yang lolos PPPK 2021 adalah masih terombang ambing tanpa formasi.

"Jadi ada inkonsistensi antara apa yang sudah disampaikan dengan pelaksanaannya di lapangan," jelas Unifah. "Kalau memang kenyataannya belum sampai satu juta, jangan bilang sudah merekrut satu juta guru. Padahal kita semua sangat membutuhkan guru."

Mengingat proses seleksi yang telah selesai, diharapkan pemerintah bisa segera menemukan jalan keluar dan mengatasi permasalahan guru yang telah lulus passing grade, namun belum mendapatkan formasi. Terlebih itu juga bagian dari program pemerintah sendiri.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nunuk Suryani diketahui melakukan pertemuan dengan forum guru honorer negeri dan swasta yang lulus passing grade PPPK 2021. Dalam pertemuan ini, diketahui Nunuk menyampaikan kabar gembira bagi para guru honorer tersebut.

Akan tetapi, Nunuk tidak menjelaskannya secara gamblang. Hanya saja dilihat dari unggahannya di Instagram, tampak sedikit gambaran, di mana Nunuk menyebut telah memberikan penjelasan yang diharapkan bisa menenangkan para guru honorer.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru