Perjalanan Karier Aminah Cendrakasih, dari Legenda Film Hingga Jadi Korban Banjir
YouTube/Karnos TV
Selebriti

Aminah Cendrakasih mengawali debut aktingnya sebagai artis film di tahun 1950-an. Banyak lika-liku yang telah dihadapi Aminah selama hidupnya sampai ia meninggal dunia pada 21 Desember 2022.

WowKeren - Aktris senior Aminah Cendrakasih dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (21/12). Pemeran Mak Nyak dalam serial "Si Doel Anak Sekolahan" itu meninggal di usia 84 tahun karena penyakit tua serta glaukoma yang diidapnya.

Mengenang sosok Aminah Cendrakasih yang melegenda, berikut rangkuman singkat tentang perjalanan karier sang aktris. Mulai dari bintangi film sejak kecil hingga sempat menjadi korban banjir pada tahun 2020 lalu.

1. Eksis sejak tahun 1950-an

Aminah Cendrakasih mewarisi darah seni dari kedua orangtuanya yang juga merupakan seorang publik figur. Ia adalah putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah yang memulai debut aktingnya di tahun 1950. Total ada sekitar 101 film yang telah dibintangi Aminah. Mulai dari Rindu (1951), Sebatang Kara (1954), Anakku Sayang (1957), Konsepsi Ajah (1957), Pak Prawiro (1958), Tjambuk Api (1958), dan Asrama Dara (1958).

Namun di tahun 1960-an, Aminah sempat vakum dari dunia film. Ia pun kembali menyapa para penggemarnya di tahun 1970 lewat film "Benyamin Raja Lenong", "Sinyo Adi", "Gitar Tua Oma Irama", dan "Betty Bencong Slebor".

2. Tenar Berkat Si Doel

Aminah Cendrakasih memang telah masuk ke dalam daftar artis besar Tanah Air di tahun 1950-an. Namun, nama Aminah semakin meroket saat ia terlibat dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolaha" yang diproduseri dan dibintangi oleh Rano Karno.


Dalam sinetron tersebut, Aminah berperan sebagai ibunda Doel (Rano Karno) yang dikenal dengan sebutan Mak Nyak. Nama perannya itu begitu melekat sampai sekarang.

3. Buta dan Lumpuh

Sayang, ketenaran itu tak berlangsung lama. Aminah Cendrakasih hanya dapat terbaring lemah di ranjang usai tertimpa musibah pada 2017 silam. Ia jatuh dari kamar mandi dan membuat bagian kakinya cidera.

Ditambah penglihatannya juga bermasalah akibat penyakit glaukoma yng diidapnya selama bertahun-tahun. Ia pun mengalami buta dan hanya bisa berbaring di tempat tidur sampai tutup usia. Meski begitu, Aminah sempat terlibat dalam penggarapan film "Si Doel the Movie 2" yang rilis Juni 2019 lalu.

4. Jadi Korban Banjir

Di tengah kondisinya yang lemah, rumah Aminah Cendrakasih juga sempat dilanda bencana banjir. Rumahnya yang terletak di daerah Pinang Griya Permai, Tangerang, terendam banjir hingga membuatnya harus segera dievakuasi. Beruntung Rano Karno dan artis lainnya membantu proses evakuasi Aminah yang kemudian dipindahkan sementara ke hotel.

Aminah pun sempat mengucapkan terima kasih kepada Rano Karno dan semua orang yang telah sudi membantunya. "Makasih ya Dul (Rano Karno) ya udah nolongin nenek nih. Kalau nggak, nenek nggak nyampai-nyampai nih. Gimana itu? Kebanjiran di sana, kelelep kali (kalau nggak segera ditolong)," tutur Aminah Cendrakasih kala itu.

Kini Mak Nyak Aminah Cendrakasih telah tiada. Rano Karno pun ikut berduka dan merasa sangat kehilangan Aminah Cendrakasih.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait