7 Cara Mengatasi Rasa Ingin Makan Berlebihan
vix.com
Health

Menyepelekan keinginan makan berlebih sama dengan menyambut hidup yang tidak sehat.

WowKeren - Makanan memang sangat dipentingkan bagi tubuh manusia. Setiap orang memiliki porsi yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuhnya masing-masing. Pemenuhan gizi meliputi lemak, vitamin, protein dan karbohidrat juga harus memperhatikan faktor usia.

Namun kadangkala keinginan untuk makan menjadi sangat kuat dan menjadi berlebihan dibandingkan biasanya. Pemicu keadaan ini sangatlah beragam, kasus yang sering terjadi hanya karena stres dan emosional. Sebagian orang memang melarikan diri pada makanan jika menghadapi banyak masalah. Berdalih untuk memnuhi kebutuhan gizi agar tetap sehat meskipun menghadapi masalah.


Nyatanya hal tersebut malah bisa menjadi bumerang. Konsumsi makanan berlebih dapat menimbulkan banyak penyakit karena gizi yang dibutuhkan tubuh melebih porsinya. Misalnya saja lemak yang terlalu banyak akan menyebabkan kolesterol.

Hal ini perlu dihindari agar meminimalisir resiko penyakit serta kelebihan berat badan. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan, simak lebih lengkapnya di bawah ini.

(wk/Kres)

1. Kenali Pemicu Makanan Berlebihan


Kenali Pemicu Makanan Berlebihan
huffingtonpost.com

Rasa bosan, rasa lelah dan pengaruh sosial di sekitar kita dapat menimbulkan keinginan untuk makan. Kenali terlebih dahulu mood yang kalian rasakan saat itu. Kalian bisa mengatasi rasa bosan dengan mencari kegiatan baru, seperti membaca buku.

Jika buku-buku tersebut dirasa masih membosankan, carilah teman untuk menemani mengobrol dengan banyak tema. Kalian juga bisa memanfaatkan hobi yang mungkin sudah jarang dilakukan. Jika karena lelah, satu-satunya yang perlu kalian lakukan adalah beristirahat atau bermeditasi seperti melakukan gerakan yoga sebagai pengalihan.

2. Jauhkan Diri Dari Trik Diet


Jauhkan Diri Dari Trik Diet
rd.com

Diet seharusnya bisa menjadi kontrol diri bagi seseorang untuk menahan nafsu makan. Namun rupanya kalimat itu malah menjadi jebakan karena pelakunya sering melakukan "balas dendam". Dalam prakteknya, seseorang yang melakukan diet akan mendapatkan satu hari bebas yang dinamakan sebagai reward. Pada hari tersebut kalian diperbolehkan mengonsumsi berbgai makanan dengan catatan dalam batas wajar.

Sayangnya saat menghadapi hari bebas, terkadang seseorang menjadi kalap dan makan berlebihan. Sehingga berat badan yang telah turun bisa kembali bahkan melebihi berat badan awal. Hal yang perlu disiasati adalah makan secara teratur dengan mengurangi sedikit porsi dari biasanya.

3. Hindari Makan Karena Alasan Emosisonal


Hindari Makan Karena Alasan Emosisonal
iristech.co

Masalah emosional benar-benar menjadi mayoritas alasan banyak orang untuk mengonsumsi makanan berlebih. Jika kalian makan saat depresi, kesepian, marah atau setelah bekerja seharian maka itu adalah kesalahan besar. Banyak orang salah menjatuhkan kebiasaan makan saat menghadapi kondisi seperti itu. Sebaiknya menghindari makanan sebagai pelipur lara.

Saat merasakan hal tersebut, sebaiknya kalian menemukan inti permasalahan yang ada dan menyelesaikan terlebih dahulu. Saat makan, benar-benar pikirkan apa yang tersaji di depan anda. Pikiran yang bercabang dapat membuat kalian tidak menyadari seberapa banyak makanan yang telah masuk dalam tubuh.

4. Kelola Porsi dan Kecepatan Makan


Kelola Porsi dan Kecepatan Makan
coach.nine.com.au

Trik satu ini memerlukan teknik menghitung kalkulasi, namun tidak perlu khawatir karena pada dasarnya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh kalian. Perhatikan kebutuhan karbohidarat dalam sehari, jika kegiatan bertambah, kalian juga bisa menambah porsinya.

Luangkan sedikit waktu untuk benar-benar menikmati makanan, rasakan tekstur dan cita rasa yang dihadirkan dalam makanan tersebut. Nikmati aroma yang menguar dari makanan yang tersaji. Hal ini dapat membuat kalian merasa lebih kenyang. Sekaligus penyerapan nutrisinya untuk tubuh lebih bagus.

5. Gunakan Trik Piring Kecil


Gunakan Trik Piring Kecil
wikihow.com

Menghindari trik diet bisa juga dilakukan dengan menggunakan trik pring kecil sebagai penyedia sajian makanan kalian. Piring kecil otomatis memuat makanan lebih sedikit dari piring berukuran normal. Selain itu jauhkan cemilan dan tambahan makanan lain di atas meja makan yang dapat merangsang penglihatan sehingga ingin menambahkan sesuatu ke atas piring kalian.

Hindari juga untuk terlalu sering mencicipi makanan yang akan disajikan. Hal ini dapat memicu untuk terus memakannya dan menjadikan porsi makan bertambah dari biasanya. Karbohidrat dan protein yang ada harus disesuaikan dengan jumlah serat dan vitamin. Maka usahakan mengatur setengah dari piring kalian berisi sayuran kaya serat.

6. Konsumsi Selai Kacang


Konsumsi Selai Kacang
cookinglight.com

Makanan ini sedikit dipertanyakan, sebab kandungan lemak yang ada pada kacang juga memunculkan resiko terkena asam urat. Untuk langkah satu ini memang tidak diperuntukkan bagi pengidap asam urat. Namun yang perlu diketahui kacang mengandung protein, asam lemak, omega 3 dan karbohidrat sempurma. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menekan rasa lapar.

7. Olahraga


Olahraga
rd.com

Cara satu ini mungkin yang paling ampuh untuk menekan rasa ingin makan berlebih. Namun biasanya sebagian orang melakukan kesalahan dengan mengonsumsi banyak makanan setelah olahraga. Hal tersebut dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi air putih.

Usahakan untuk tidak makan selama kurang lebih 30 menit setelah menjalani aktivitas olahraga. Berikan juga tenggat waktu untuk minum air putih setidaknya 2-3 menit setelah olahraga. Selain menekan nafsu makan, olahraga juga bisa untuk menurunkan kadar depresi dan kecemasan yang menimbulkan stress.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru