Penting untuk Kesehatan, Ketahui 6 Manfaat Baik Menggunakan Kloset Jongkok
Health

Posisi jongkok pada saat BAB juga lebih disarankan oleh dokter, apa lagi manfaatnya?

WowKeren - Masalah sanitasi menjadi hal yang penting untuk dibicarakan. Salah satu masalah yang cukup banyak dibahas adalah mengenai mana yang lebih baik, antara kloset duduk dan kloset jongkok.

Diketahui, di Indonesia, kloset jongkok lebih umum digunakan. Kendati demikian, banyak pula rumah tangga yang sudah memilih menggunakan toilet model duduk. Tahukah kamu bahwa kloset jongkok ternyata lebih disarankan oleh para dokter dibandingkan dengan kloset duduk?


Ya, posisi saat Buang Air Besar (BAB) turut berpengaruh pada kesehatan. Dilihat dari anatomi tubuh manusia, kloset jongkok lebih baik digunakan. Posisi BAB dengan kloset jongkok juga membuat feses bisa dikeluarkan dengan lebih cepat tanpa banyak energi. Sementara itu, dampak kesehatan yang cukup buruk ditimbulkan oleh penggunaan kloset duduk.

Mengetahui manfaat menggunakan kloset jongkok dibandingkan dengan kloset duduk sangat penting untuk kesehatan. Apalagi, kamu juga bisa lho mengakali toilet yang sudah terlanjur menggunakan kloset duduk. Seperti apa manfaat baik lain dari menggunakan kloset jongkok? Simak artikelnya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Menggunakan Kloset Jongkok Hanya Membutuhkan Sedikit Energi


Menggunakan Kloset Jongkok Hanya Membutuhkan Sedikit Energi

Salah satu manfaat menggunakan kloset jongkok bisa dilihat dari seberapa banyak energi yang kita gunakan untuk BAB. Dengan menggunakan kloset jongkok, kita hanya melepaskan sedikit energi dibandingkan dengan BAB di kloset duduk.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2003 menyebutkan bahwa kloset jongkok membuat manusia melepaskan sedikit energi dibanding dengan kloset duduk. Selain itu, waktu BAB menggunakan kloset jongkok juga disebut lebih cepat daripada BAB menggunakan kloset duduk.

2. BAB Lebih Lancar Jika Menggunakan Kloset Jongkok Dibanding Kloset Duduk


BAB Lebih Lancar Jika Menggunakan Kloset Jongkok Dibanding Kloset Duduk

Manfaat kedua menggunakan kloset jongkok adalah untuk memperlancar proses BAB. Beda dengan pada saat menggunakan kloset duduk, menggunakan kloset jongkok bisa membuatmu lebih mudah mengeluarkan feses.

Hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Saat kita berdiri, usus besar akan ditekan ke atas oleh otot puborectalis sehingga feses tidak mengalir sampai saatnya dibuang. Saat menggunakan kloset jongkok, otot tersebut akan mengendur sehingga proses pengeluaran feses menjadi lebih lancar. Hal itu berbeda dengan pada saat menggunakan kloset duduk. Tekanan otot puborectalis hanya mengendur sebagian saja, membuat proses BAB menjadi tidak lancar.

3. Kloset Jongkok Mengurangi Risiko Penyebaran Kuman dan Bakteri


Kloset Jongkok Mengurangi Risiko Penyebaran Kuman dan Bakteri

Memilih kloset jongkok daripada kloset duduk ternyata juga berhubungan dengan faktor kehigienisan. Model kloset jongkok disebut lebih higienis dan mengurangi risiko penyebaran kuman yang ada di kloset.

Jika menggunakan kloset jongkok, tidak ada kontak langsung antara tubuh dengan kloset. Sementara jika menggunakan kloset duduk, tubuh akan bersentuhan dengan permukaan kloset yang kotor dan penuh kuman. Kloset duduk juga memberikan risiko besar penyebaran kuman, bakteri, dan jamur yang bisa berbahaya untuk wanita.

4. Menggunakan Kloset Jongkok Sekaligus Melatih Kekuatan Otot


Menggunakan Kloset Jongkok Sekaligus Melatih Kekuatan Otot

Selain baik untuk kesehatan, menggunakan kloset jongkok juga berfungsi untuk melatih kekuatan otot. Berbeda dengan saat menggunakan kloset duduk, kloset jongkok membuat kita harus menopang berat badan. Pada beberapa kasus, posisi ini akan sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot.

Posisi jongkok disebut bisa melatih kekuatan kaki dan juga otot kaki. Selain itu, dengan menggunakan kloset jongkok, hal itu juga sekaligus melatih dasar otot panggul dan bahkan membuat pantat lebih seksi.

5. Kloset Jongkok Bisa Mengurangi Sembelit dan Wasir


Kloset Jongkok Bisa Mengurangi Sembelit dan Wasir

Manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan dari menggunakan kloset jongkok adalah mengurangi sembelit dan juga wasir. Selain itu, menggunakan kloset jongkok juga bisa memperbaiki otot pinggul dan memberikan kontrol yang lebih baik pada kandung kemih.

Penelitian lain menyebutkan bahwa menghabiskan waktu lebih banyak saat menggunakan kloset duduk bisa berbahaya. Salah satunya adalah membuat orang lebih mudah terkena penyakit wasir atau pembengkakan pembulih darah di sekitar anus. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa daerah-daerah yang banyak menggunakan kloset jongkok, tak banyak ditemukan penderita wasir.

6. Membuat Toilet Duduk Lebih Sehat dengan Menaruh Bangku Pendek di Bawah Kaki


Membuat Toilet Duduk Lebih Sehat dengan Menaruh Bangku Pendek di Bawah Kaki

Sudah terlanjur menggunakan kloset duduk di toilet rumah? Takut terkena beberapa risiko tak sehat? Tenang dulu, tak perlu repot membongkar toilet dan menggantinya dengan kloset jongkok. Ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini.

Caranya adalah dengan mempersiapkan bangku cilik untuk diletakkan di bawah kaki saat sedang BAB di toilet duduk. Posisi kaki yang berada lebih tinggi dari anus akan membuat tubuh seperti berjongkok. Dengan begitu, otot akan melemas dan feses akan dikeluarkan secara lancar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait