10 Makanan yang Dapat Menghilangkan Stres Tanpa Takut Gemuk
Shutterstock
Health

Stres merupakan penyakit mental yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

WowKeren - Saat stres melanda, sebagian wanita biasanya bakal lebih doyan ngemil. Stres sendiri merupakan gangguan mental yang tidak boleh disepelekan karena dapat berujung depresi. Banyak orang juga yang tidak fokus melakukan kegiatan sehari-hari.

Sebagian orang juga tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat stres. Makanan apapun asal nikmat bakal masuk ke mulut. Apalagi saat stres akan timbul kadar korsitol yang menimbulkan ngidam. Hal itu membuat kalian ingin konsumsi makanan yang bergula dan berkalori tinggi.

Nah, hal ini tentunya enggak baik buat berat badan. Daripada makan apapun tanpa tahu manfaat dan malah jadi gendut, berikut terdapat 10 makanan yang ampuh hilangkan stres. Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Jeruk Bisa Redakan Stres


Jeruk Bisa Redakan Stres

Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi. Selain menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga terbukti dapat mengurangi efek fisik dan psikologi dari tekanan stres. Hal ini bersangkutan dengan vitamin C yang terkuras karena stres.

Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik. Selain itu, mereka juga dilaporkan dapat lebih cepat bangkit kembali dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darahnya.

2. Hilangkan Stres dengan Yogurt


Hilangkan Stres dengan Yogurt

Saat stres melanda, makanan baik yang dapat kalian konsumsi adalahj yogurt. Pasalnya, stres sedikit banyak bisa dipicu oleh bakteri jahat yang ada di dalam perut. Sebuah studi UCLA 2013 di antara 36 wanita sehat mengungkapkan bahwa mengonsumsi probiotik dalam yogurt dapat mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi, termasuk stres, dibandingkan dengan yang tidak. Yogurt juga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang berguna memberikan rasa nyaman bagi kalian saat stres.

Nah, konsumsi yogurt yang paling baik adalah yang tidak memiliki pemanis buatan alias plain yogurt. Kalian bisa menambahkan rasa alami dari buah-buahan seperti berry, alpukat, jeruk dan masih banyak lagi.

3. Konsumsi Oatmeal saat Tengah Stres


Konsumsi Oatmeal saat Tengah Stres

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang membantu otak membuat serotonin, hormon mood baik. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, tapi juga menciptakan rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres.

Untuk mengatasi stres, pilih jenis oatmeal varietas rolled atau steel cut daripada yang kemasan instan. Kalian dapat membuatnya dalam porsi besar, kemudian masukkan ke dalam kulkas dalam wadah tertutup. Hangatkan setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Tambahkan beberapa buah-buahan untuk menambah rasanya semakin nikmat.

4. Dark Chocolate Ampuh Usir Stres


Dark Chocolate Ampuh Usir Stres

Makanan satu ini memang diketahui dapat meningkatkan mood serta mengusir stres. Kalian tidak perlu takut gemuk karena cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate yang baik untuk tubuh.

Menurut penelitian, mengonsumsi 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres lantaran polifenol dan flanolol, antioksidan yang terdapat di dalamnya. Agar tak bosan, kalian bisa melelehkan dark chocolate dan makan bersama stroberi sebagai cocolan yang nikmat.

5. Salmon Melawan Efek Negatif Stres


Salmon Melawan Efek Negatif Stres

Salmon merupakan salah satu ikan yang mengandung banyak asam lemak omega-3. Kandungan tersebut memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu melawan efek negatif dari hormon stres. Studi membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 setiap hari dapat menurunkan kecemasan hingga 20%.

6. Kedelai Bisa Menghilangkan Stres


Kedelai Bisa Menghilangkan Stres

Kedelai memiliki kandungan protein, vitamin B, kalsium dan magnesium mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Nah, makanan yang mengandung kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai tentu memiliki manfaat yang sama. Kalian bisa mengonsumsinya bergantian agar tidak bosan.

7. Atasi Stres dengan Makan Alpukat


Atasi Stres dengan Makan Alpukat

Perlu kalian ketahui bahwa alpukat mengandung glutathione, senyawa unik yang akan memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Buah favorit banyak orang ini juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E dan folat yang lebih banyak dari buah-buahan lain.

Selain itu, alpukat juga dapat berfungsi menurunkan tingakt stres. Hal tersebut lantaran kandungan kalium yang memberikan rasa tenang di dalamnya. Alpukat juga punya banyak kandungan sehat bagi tubuh termasuk lemak tak jenuh.

8. Madu Dapat Mengatasi Stres


Madu Dapat Mengatasi Stres

Tripofan merupakan senyawa yang ampuh mengurangi kecemasan dan melemaskan saraf. Nah, makanan yang mengandung senyawa tersebut adalah madu. Kalian bisa mengonsumsinya dengan mengoleskan madu pada roti atau makan bersama yogurt.

9. Konsumsi Susu Hangat Sebelum Tidur


Konsumsi Susu Hangat Sebelum Tidur

Susu hangat juga mengandung senyawa tripofan yang sama dengan madu. Malah kandungannya juga sangat tinggi. Selain itu, susu juga memiliki kalsium yang menimbulkan sensasi rileks. Agar lebih optimal, sebaiknya kalian mengonsumsi susu dalam keadaan hangat.

10. Makan Brokoli Akan Meredakan Stres


Makan Brokoli Akan Meredakan Stres

Brokoli merupakan sayuran yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu, vitamin B, terutama folid acid yang terkandung di dalamnya tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

Tidak hanya mengonsumsi 10 makanan tersebut, kalian bisa mengatasi stres dengan melakukan berbagai cara, simak di sini. buat kalian yang hobi dengan wewangian menenangkan, ketahui 7 aroma terapi yang dapat meredakan stres, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru