Angin Puting Beliung Terjang Rancaekek Bandung, Lebih Dari 300 Rumah Rusak
Nasional

Kecamatan Rancaekek, Bandung, Jawa Barat, diterjang oleh angin puting beliung pada Jumat (11/1) sore, ratusan rumah warga pun rusak.

WowKeren - Bencana angin puting beliung melanda Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (11/1) sore. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB.

Akibatnya, ratusan rumah rusak dan pohon tumbang. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, angin puting beliung tersebut paling berdampak di tiga titik. Ketiga titik tersebut yakni Kampung Papanggungan, Kampung Jati Sari, dan Komplek Perum Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong.


Di Kampung Jati Sari, 15 unit rumah rusak berat dan 21 unit rumah rusak ringan. Sedangkan di Kampung Papanggungan terdapat 50 unit rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Sementara itu, Komplek Perum Rancaekek Permai 2 mendapat dampak terburuk. Sebanyak 300 unit rumah mengalami kerusakan akibat angin ganas tersebut.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 15 orang mengalami luka ringan, dan satu orang mengalami luka berat.

Meski demikian, kerusakan ini masih dapat bertambah karena masih dilakukan proses pendataan. "Diperkirakan jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah karena pendataan masih berlangsung," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Jumat 11 Januari 2019.

Menurut beberapa warga, beberapa waktu sebelum kejadian langit tampak mendung dan cuaca terasa panas. Kemudian bertiuplah anging yang semakin lama semakin kencang disertai hujan intesitas sedang. Puncaknya, angin puting beliung terlihat di wilayah Kecamatan Rancaekek.

Beberapa warga sempat mengabadikan peristiwa tersebut dan mengunggahnya ke media sosial. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @nitarose38, tampak angin besar menerbangkan berbagai benda dan menjatuhkan sebuah sepeda motor.

Beberapa tenda pengungsi pun sudah didirikan oleh TNI dan Brimob Polda Jawa Barat untuk menampung warga terdampak angin puting beliung. Kebutuhan mendesak akibat fenomena ini adalah tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan, dan air bersih.

You can share this post!

Related Posts
Loading...