Bisa Hasilkan ASI Berkualitas, Ini 8 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu dalam Masa Menyusui
Health

ASI eksklusif sangat penting perannya untuk tumbuh kembang bayi. Karena itu, ibu yang sedang menyusui membutuhkan makanan sehat agar bisa menghasilkan ASI yang sehat dan bernutrisi.

WowKeren - Memberikan ASI (Air Susu Ibu) selama 6 bulan pertama kelahiran bayi adalah hal yang sangat tepat dan disarankan. ASI mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi baru lahir sehingga memiliki banyak sekali manfaat untuk si kecil. Bahkan dapat dikatakan jika tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI.

Karena pentingnya ASI, pemerintah sampai mewajibkan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan. Peraturan ini tertuang dalam Pasal 6 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif, yang ditetapkan pada 1 Maret 2012. Anjuran ini sendiri ditetapkan berdasarkan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Karena ASI-nya diberikan langsung pada bayi, kesehatan sang ibu juga harus terjaga. Ibu memerlukan makanan sehat agar ASI yang dihasilkan juga sehat dan bernutrisi, sehingga bayi akan tumbuh dengan baik. Selain itu, makanan sehat juga dibutuhkan ibu sebagai sumber energi selama masa menyusui bayi. Nah mau tahu makanan sehat apa saja yang sebaiknya dikonsumsi para ibu saat sedang menyusui? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Ibu Menyusui Sebaiknya Banyak Makan Ikan Salmon Agar Menghasilkan ASI yang Berkualitas


Ibu Menyusui Sebaiknya Banyak Makan Ikan Salmon Agar Menghasilkan ASI yang Berkualitas

Salmon dikenal sebagai salah satu jenis ikan dengan banyak sekali kandungan baik. Selain dianjurkan dimakan untuk ibu hamil, ikan salmon juga sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Hal ini disebabkan karena ikan salmon mengandung DHA yang dapat meningkatkan produksi ASI dan membuatnya jadi lebih bergizi. Hal ini juga baik untuk perkembangan saraf bayi.

Selain bermanfaat untuk si kecil, DHA juga dapat membuat suasana hati ibu jadi lebih menyenangkan sehingga bisa mencegah depresi. Karena itu, ibu dalam masa menyusui setelah melahirkan dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 12 ons salmon setiap pekannya.

2. Oatmeal, Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui


Oatmeal, Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui

Oatmeal adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung nutrisi dan zat besi yang sangat tinggi. Zat besi sangat penting untuk membantu mencegah anemia pada ibu menyusui. Perlu diketahui bahwa anemia akan cukup berpengaruh pada produksi ASI.

Selain itu, kandungan serat pada oatmeal juga dapat menstabilkan gula darah bunda, yang apabila tidak stabil dapat menghambat produksi ASI. Kandungan lain yang ada di dalamnya adalah protein yang berfungsi sebagai antioksidan yang aktif dan kuat. Dengan demikian, tubuh ibu akan terlindungi dari bakteri yang bisa membahayakan ASI.

3. Ibu dalam Masa Menyusui Hendaknya Sering Mengkonsumsi Sayuran Hijau


Ibu dalam Masa Menyusui Hendaknya Sering Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak sekali vitamin A yang baik untuk ibu dan bayi. Sayuran hijau juga dikenal sebagai sumber kalsium, vitamin C, zat besi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Di antara sayuran hijau yang memiliki banyak sekali kandungan baik adalah bayam, brokoli hingga daun katuk.

Bayam yang kaya akan zat besi dan vitamin B6 sangat baik untuk daya tahan tubuh bayi. Sayuran ini juga dapat melancarkan produksi ASI. Sedangkan daun katuk mengandung vitamin A, B, C, zat besi, protein, karbohidrat dan sebagainya yang dapat meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin yang cukup berpengaruh dalam produksi ASI.

4. Perbanyak Konsumsi Telur Saat Menyusui Karena Sangat Bermanfaat untuk Otak Si Kecil


Perbanyak Konsumsi Telur Saat Menyusui Karena Sangat Bermanfaat untuk Otak Si Kecil

Telur adalah salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa jadi sumber protein hewani terbaik. Telur mengandung vitamin D yang berperan sebagai pembentuk tulang ibu dan bayi. Selain itu telur juga kaya akan vitamin B dan kolin yang sangat bermanfaat bagi otak si kecil.

Ibu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi telur yang diperkaya dengan DHA. Hal ini diperlukan agar kadar asam lemak esensial ASI dapat meningkat. Para ibu bisa mengkonsumsi telur rebus atau olahan telur orak-arik untuk sarapan.

5. Konsumsi Susu dan Produk Olahannya Sangat Dianjurkan Selama Masa Menyusui


Konsumsi Susu dan Produk Olahannya Sangat Dianjurkan Selama Masa Menyusui

Ibu dalam masa menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi susu dan produk olahannya yang rendah lemak. Vitamin D, B dan protein yang ada di dalamnya bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Karena itu, ibu sangat disarankan untuk meminum tiga cangkir susu setiap hari selama masa menyusui. Tapi bagi yang tidak menyukai susu, bisa menggantinya dengan yoghurt atau keju yang juga tinggi akan kandungan kalsium dan protein.

6. Selama Masa Menyusui, Ibu Hendaknya Mengkonsumsi Gandum Utuh dan Beras Merah


Selama Masa Menyusui, Ibu Hendaknya Mengkonsumsi Gandum Utuh dan Beras Merah

Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan kaya akan serat. Gandum utuh juga sangat bermanfaat untuk ibu dan bayi karena folat dan zat besi. Karena itu, sebaiknya ibu mengkonsumsi gandum utuh selama masa menyusui. Lebih baik lagi jika dikonsumsi dengan beras merah karena dapat menjaga energi.

Jika bunda ingin menghasilkan banyak ASI yang berkualitas, sebaiknya mengganti beras putih dengan beras merah. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kualitas gizi yang lebih bagus daripada beras putih. Beras merah bahkan dapat menjaga berat badan ibu setelah melahirkan. Dan di atas semua itu, ASI ibu akan lancar dan staminanya akan tetap terjaga.

7. Ibu yang Sedang Menyusui Sebaiknya Mengkonsumsi Kacang Almond untuk Menghasilkan ASI Berkualitas


Ibu yang Sedang Menyusui Sebaiknya Mengkonsumsi Kacang Almond untuk Menghasilkan ASI Berkualitas

Kacang-kacangan dikenal sebagai salah satu makanan yang ampuh untuk meningkatkan produksi ASI. Di antara jenis kacang yang sangat baik untuk merangsang produksi ASI adalah kacang almond. Tak hanya mengandung gizi dan nutrisi yang tinggi, asam lemak, protein, vitamin B kompleks dan vitamin E yang ada di dalamnya sangat baik untuk ibu dan bayi.

Selain itu, kacang almond juga bagus untuk kulit, mengurangi lemak jahat dalam tubuh serta menyehatkan jantung. Para bunda bisa memakan langsung kacang satu ini atau menjadikannya tambahan untuk salad dan kue.

8. Kandungan di Dalam Kurma Sangat Bermanfaat untuk Ibu Menyusui dan Bayinya Loh


Kandungan di Dalam Kurma Sangat Bermanfaat untuk Ibu Menyusui dan Bayinya Loh

Nah makanan sehat berikutnya yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah kurma. Salah satu kandungan kurma yakni trytophan dapat memicu hormon seratorin dan mampu meningkatkan hormon prolatin yang sangat bermanfaat untuk memperlancar ASI. Di dalam kurma juga terdapat kalsium dan nutrisi lengkap yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Tidak hanya itu, kurma juga menjadi sumber utama potasium dan zat besi. Perlu diketahui, keduanya berguna dalam produksi sel darah merah serta menjaga tekanan darah dan detak jantung agar tetap normal.

Demikian delapan makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi ibu dalam masa menyusui. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat infused water bagi kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait