Perumahan Binagriya Indah, Kelurahan Pringrejo, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
Nasional

Warga di daerah-daerah berikut mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menerima kedatangan para perantau yang dikhawatirkan 'membawa' virus Corona, yakni dengan membangun 'ODP Center'.

WowKeren - Kekompakan juga ditunjukkan oleh warga RW 9 di Perumahan Binagriya Indah, Pekalongan. Di sana warga bergotong-royong membuat posko khusus penanganan COVID-19, termasuk untuk tempat karantina warga pendatang.

Dilansir dari Sindo News, ada sebuah rumah yang khusus digunakan untuk mengarantina para ODP seperti yang baru pulang mudik atau kerja luar kota. Bahkan pemilik rumah itu sendiri lah yang "merelakan" asetnya untuk mengisolasi para pendatang.

"Warga melakukan aksi ini sebagai bentuk antisipasi semakin merebaknya virus COVID-19 atau Corona," ujar Subadi, Ketua RW 9, Senin (6/4). "Posko kita buka di rumah milik warga yang kebetulan kosong, dan diserahkan secara sukarela untuk posko sekaligus tempat karantina mandiri."

Mereka yang dikarantina pun akan menerima bantuan logistik serta kesehatan seperti vitamin dari warga setempat. "Jika menunjukkan gejala sakit, maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat dengan diantar langsung oleh tim dari warga," terang Subadi.

Untuk penyediaan semua yang diperlukan di ODP Center ala warga Binagriya Indah, diakui dilakukan secara mandiri dan patungan dari masyarakat setempat. Tak hanya menyediakan ODP Center, mereka juga menyediakan tempat cuci tangan di ujung jalan masuk serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru