Banyuwangi, Jawa Timur
Instagram/azwaranas.a3
Nasional

Warga di daerah-daerah berikut mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menerima kedatangan para perantau yang dikhawatirkan 'membawa' virus Corona, yakni dengan membangun 'ODP Center'.

WowKeren - Banyuwangi pun tak mau kalah dengan daerah-daerah lain. Diumumkan sendiri oleh sang bupati, Azwar Anas, Banyuwangi telah menyiapkan setidaknya 181 rumah dengan sekitar 700 tempat tidur untuk lokasi karantina mandiri warga yang baru datang dari daerah red zone COVID-19.

"(Rumah-rumah ini) tersebar di berbagai desa," tulis Azwar sebagai caption unggahan Instagram-nya, Senin (6/4). "Terima kasih teman-teman pemerintah desa, Babinsa, Bhabinkambtibmas, gotong royong seluruh warga."

Menariknya, pembangunan rumah-rumah isolasi ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat desa setempat. Seperti di Desa Gumirih, Singojuruh, yang dipelopori oleh aprat desa dan tokoh masyarakat setempat.

"Memang tidak perlu membangun tempat khusus. Manfaatkan balai desa, ruang pertemuan, rumah warga yg tak ditempati, dsb," ujar Azwar. "Di rumah isolasi itu sudah disiapkan 5 kuintal beras. Ada pula yang nanti akan memasakkan."

Tak hanya itu, Bupati Banyuwangi itu juga memastikan para ODP yang mengisolasi diri di rumah masing-masing tak perlu mengkhawatirkan kebutuhan sehari-hari. Sebab disebutkan aparat setempat siap mengirimkan paket-paket sembako kepada mereka.

"Ayo semuanya gotong royong kita putus mata rantai penyebaran Covid-19. Jangan saling menyalahkan," pungkas Azwar. "Minimal jadi pribadi yang tidak menularkan dan tidak ketularan, dengan JAGA JARAK, JAGA KESEHATAN, PAKAI MASKER dan lebih baik JANGAN MUDIK."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru